Kompas.com - 10/04/2021, 17:45 WIB
Ilustrasi bunga Hyacinth. PIXABAY/PEZIBEARIlustrasi bunga Hyacinth.

JAKARTA, KOMPAS.com — Menanam tak melulu harus menggunakan tanah. Jadi untuk kamu yang takut akan cacing dan enggan kotor, kamu tetap bisa menanam tanaman dengan meggunakan media yang lain.

Untuk kamu yang ingin menanam, namun enggan menggunakan tanah, berikut adalah daftar tanaman dalam ruangan alias tanaman hias indoor yang bisa ditanam tanpa menggunakan tanah, seperti dilansir dari Cosmopolitan Philippines, Sabtu (10/4/2021).

Ilustrasi tanaman hias Philodendron yang merambat.SHUTTERSTOCK/RATTIYA LAMROD Ilustrasi tanaman hias Philodendron yang merambat.

1. Philodendron

Philodendron menjadi favorit banyak orang karena bentuk daunnya yang unik dan warnanya yang menyegarkan. Selain itu, tanaman ini juga dikenal mudah perawatannya dan tidak mudah mati, sehingga pas untuk penanam pemula.

Baca juga: Ingat, Sirih Gading dan Philodendron itu Berbeda

Potong batang Philodendron sekitar 15 cm, buang dua pasang daun dar batang tanaman terbawah, lalu rendam potongan dalam air.

Karena bisa berutmbuh dalam air, kamu bisa memilih pot dan vas yang lucu dan unik yang sesuai dengan gaya ruanganmu. Tunggu hingga tumbuh akar, dan gantilah air setiap beberapa hari sekali untuk menghindari nyamuk.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Ilustrasi bunga paperwhites (Narcissus papyraceus). PIXABAY/PNYJS Ilustrasi bunga paperwhites (Narcissus papyraceus).

 

2. Bunga Paperwhites

Paperwhites terkenal sebagai tanaman indoor yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari langsung.

Kamu bisa mengganti tanah dengan kerikil dan air. Bunga ini memiliki aroma yang kuat yang akan memberikan kesegaran dalam ruangan.

Baca juga: Bisakah Tanaman Herbal dan Tanaman Hias Hidup Tanpa Tanah?

3. Anggrek

Anggrek tak membutuhkan tanah, ia bisa tumbuh dengan baik ketika ditanam di batu lava. Selain itum anggrek juga bisa ditanam di kulit kayu, batu, atau lumut.

Permukaan media tanam ini hanya dibutuhkan oleh anggrek untuk mengaitkan akarnya saja. Akar anggrek membutuhkan media untuk menyerap air sebanyak mungkin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X