Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Harus Meletakkan Tanaman di Rumah? Ini Panduannnya

Kompas.com - 03/03/2021, 14:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman di dalam rumah dapat membuat nuansa di dalam ruangan sangat berbeda.

Selain dapat menjadi elemen dekorasi yang cantik di dalam rumah, tanaman ini juga dapat memberikan nuansa sejuk serta memurnikan udara di dalam rumah.

Namun, terdapat banyak jenis tanaman dan memiliki kebutuhan sinar matahari yang berbeda. Jika salah penempatan akan membuatnya layu dan berakhir mati.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor yang Dapat Mendinginkan Ruangan

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (3/3/2021), untuk meletakkan tanaman di dalam rumah, Anda harus memerhatikan cahaya yang dibutuhkan setiap jenis tanamannya.

Beberapa tanaman menjadi favorit karena perawatannya rendah dan cocok untuk pemula termasuk tanaman ZZ, ponytail palm, dan bunga lili. Lantas, di mana saja tanaman ini dapat diletakkan di dalam ruangan sehingga bisa bertumbuh dengan baik?

Pintu masuk

Jenis tanaman hias yang kokoh seperti snake plant (lidah mertua) atau tanaman karet paling tahan terhadap perubahan suhu, sehingga cocok diletakkan di area pintu masuk depan yang memiliki suhu berubah-ubah.

Ruang keluarga

Untuk di ruang keluarga, pilih tanaman yang memiliki bentuk fisik terlihat dan cantik seperti monstera raksasa atau tanaman yang memiliki dimensi tinggi dan berdaun lebar.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor Ini Bisa Redakan Stres

Anda dapat meletakkannya di sudut ruangan sehingga memperlihatkan daunnya yang lebar.

Dapur

Akses yang mudah ke wastafel menjadikan ruangan ini tempat yang ideal bagi pecinta air seperti rattlesnake plant.

Pilihan lainnya adalah Anda dapat meletakkan sejajar sukulen kecil di ambang jendela atau meja untuk menambah kehidupan tanpa menempati area permukaan dapur lain yang memiliki aktivitas penuh.

Kamar Tidur 

Untuk di dalam kamar tidur, Anda bisa meletakkan tanaman yang dapat membantu tidur nyenyak seperti lavender, dan ivy. Letakkan tanaman tersebut di rak di atas tempat tidur atau di meja samping tempat tidur. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com