Kompas.com - 01/05/2021, 10:58 WIB
Ilustrasi bahan suede Unsplash/Noah KroesIlustrasi bahan suede

JAKARTA, KOMPAS.com - Suede menjadi salah satu material yang banyak digunakan untuk fashionpakaian, tas, dan sepatu—serta benda atau furnitur di rumah seperti sofa, gorden, dan karpet. Bahan suede memiliki tekstur sangat lembut dan tampilan yang mewah.

Tak heran, fashion atau benda yang menggunakan material ini akan tampak elegan serta stylish. Rupanya, kelembutan bahan suede terbuat dari kulit bagian dalam hewan. 

Baca juga: Cara Bersihkan Noda di Tas dan Sepatu Bahan Suede

Meski mewah, material suede dikenal memiliki reputasi buruk dalam hal perawatan. Suede sangat sensitif terhadap air atau cairan dan debu. Bila terkena air, suede berisiko besar menimbulkan bercak yang dapat merusak tekstur dan warna asli bahan.

Begitu pun debu atau noda akan sangat terlihat menempel di permukaan suede dan cukup sulit dibersihkan. Lantaran hal tersebut, banyak orang yang menghindari menggunakan bahan suede untuk furnitur di rumah mereka. 

Baca juga: Merawat Suede agar Tetap Awet

Membersihkan material suede terbilang sulit dan perlu hati-hati, apalagi bahan ini tidak boleh terkena air alias dicuci. Lantas, bagaimana membersihkannya?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini cara membersihkan bahan suede pada benda dan furnitur di rumah, baik berbahan suede murni maupun microsuede (lapisan mikro), dilansir dalam laman House Beautiful

Baca juga: Furnitur Kursi Plastik Bening Dianggap Sebagai Tren Dekorasi Terbaru

Cara Membersihkan Suede Murni

Membersihkan material suede sudah pasti berbeda dengan bahan lainnya. Karena sifatnya yang sensitif, perawatan suede perlu kehati-hatian. Anda hanya perlu menyiapkan tepung pati dan bulu halus untuk membersihkan bahan yang lembut ini.

Tidak seperti kulit, suede tidak dapat menangani tumpahan air atau noda dengan mudah dan menyerap kelembapan secara cepat. 

Baca juga: Tips Memilih Furnitur Kayu yang Berkualitas

Cara membersihkan bahan suede yang pertama dilakukan adalah membersihkan permukaan benda atau furnitur dari kotoran apa pun menggunakan penyedot debu berbulu lembut dengan kekuatan rendah.

Untuk menyerap kelembapan, taburkan tepung pati di atas tumpahan sampai tertutup, biarkan selama 10-15 menit, dan segera bersihkan. Ulangi kedua cara di atas bila noda masih menempel atau sesuai dengan kebutuhan. 

Baca juga: Ini Cara Memilih Furnitur Untuk Ruang Tamu Kecil

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X