Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2021, 20:14 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Asia One

JAKARTA, KOMPAS.com — Furnitur kayu banyak disukai karena bisa menghadirkan warna yang lembut dan hangat alam hunian. Kayu juga terasa cocok jika digabungkan dalam beragam jenis desain, entah itu desain minimalis, modern, hingga klasik.

Namun sayangnya, warna dari furnitur kayu bisa cepat memudar, jika tidak dirawat dengan baik.

Untuk itu, perawatan perlu dilakukan agar furnitur dari kayu ini bisa awet dan warnanya tetap cantik seperti saat kamu baru membelinya.

Baca juga: Baru Pindah Rumah? Ini Cara Menyesuaikan Furnitur dan Barang Lama

Berikut adalah tips merawat furnitur kayu supaya awet, seperti dilansir dari Asia One, Jumat (19/3/2021).

1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Kebanyakan orang menempatkan furnitur kayu mereka di bawah sinar matahari langsung. Sayangnya hal ini justru bisa membuat furnitur kayu milikmu menjadi rusak. Jadi sebaiknya hindari menempatkan furnitur kayu di lokasi yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

2. Radiasi infra merah

Radiasi infra merah akan meningkatkan suhu furnitur kayu. Saat sinar matahari menghilang di malam hari, suhu furnitur kayu akan turun dengan cepat.

Penyusutan dingin dan ekspansi termal yang terus menerus dan cepat dalam jangka panjang akan membuat furnitur kayu mudah melengkung dan rapuh.

Baca juga: 7 Tips Membeli Furnitur untuk Rumah Baru

3. Penggunaan AC

Selain itu, pelembab furnitur kayu juga penting. Di rumah, kita mungkin menggunakan pendingin ruangan yang akan menyebabkan udara menjadi kering.

Akibatnya, kayu akan kehilangan kelembapannya dan menyebabkan deformasi, retak, dan masalah lainnya. Jika ini dibiarkan furnitur akan rusak.

4. Beri lilin khusus furnitur

Lilin furnitur kayu sekali dalam setahun untuk mengunci kelembapannya. Furnitur kayu membutuhkan makanan. Menyeka dengan kain basah untuk menjaganya tetap lembab saja tidak cukup.

Kita perlu memberikan lilin khusus pada furnitur kayu untuk mengunci kelembaban pada kayu dan secara efektif mencegah furnitur mengering dan berubah bentuk.

Oleskan lilin kayu pada permukaan dengan lembut lalu seka dengan kain katun untuk mengurangi daya rekat debu dan meningkatkan kilap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com