Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mudah Menjaga Tirai Kamar Mandi Tetap Bersih

Kompas.com - 01/05/2021, 09:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kamar mandi mungkin menempati posisi teratas dalam daftar tugas perawatan rumah mingguan. Mungkin Anda sudah membersihkan toilet, wastafel, dan menggosok bak mandi secara teratur. Namun, ada satu fitur di kamar mandi yang sering diabaikan, yakni tirai kamar mandi.

Dilansir dari Marthastewart, Sabtu (1/5/21), gorden kamar mandi yang kurang perawatan akan berdampak buruk seperti pertumbuhan jamur dan bakteri di permukaannya. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai berikut ini. 

Baca juga: Seberapa Sering Gorden Harus Dibersihkan?

Soda Kue

Ada beberapa cara membersihkan tirai kamar mandi dari jamur, lumut, atau buih sabun, baik membersihkannya menggunakan mesin cuci maupun menggosoknya dengan tangan. Jika membersihkannya dengan tangan, gunakan pasta pembersih yang terbuat dari satu sendok teh soda kue dan sabun cuci piring serta air secukupunya.

Campur aduk semua bahan hingga membentuk pasta, kemudian oleskan langsung ke tirai dan gosok gorden menggunakan sikat scrub atau spons. Oleskan juga pasta ke bagian dalam tirai. Untuk membersihkan secara maksimal, gosok dengan gerakan melingkar, bilas hingga bersih, dan biarkan mengering.  

Baca juga: Rahasia Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih Sepanjang Waktu

Menyiram dengan Air 

Biasanya, tirai kamar mandi terbuat dari bahan yang tahan terhadap air sehingga harus rajin menyiramnya dengan air setelah mandi. Hal ini membantu membersihkan tirai dari residu sabun yang menempel.

Pastikan memiliki sirkulasi dan ventilasi yang baik di kamar mandi agar tirai kamar mandi cepat kering setelah digunakan. Jangan lupa pula buka atau gulung tirai ke atas sehabis menadi agar tidak menumpuk serta basah terkena air.  

Baca juga: 4 Cara Menjaga Lantai Kamar Mandi Tetap Kesat

Pilih Tirai Terbaik 

Meskipun material plastik paling umum digunakan untuk tirai kamar mandi, Anda dapat menguji berbagai bahan untuk menemukan yang terbaik di kamar mandi. Jenis lainnya ada material poliester, polietilen vinil asetat, atau nilon. Semua jenis ini dapat dicuci dengan mesin cuci.

Jika tirai rutin dibersihkan, tirai kamar mandi akan tahan lama, bahkan hingga bertahun-tahun. Hal yang harus diperhatikan saat membersihkan tirai kamar mandi adalah menghindari merendamnya lebih dari lima menit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com