Kompas.com - 26/04/2021, 14:40 WIB
Ilustrasi tanaman hias sukulen, membeli tanaman hias. PIXABAY/JANETAFLIlustrasi tanaman hias sukulen, membeli tanaman hias.

JAKARTA-KOMPAS.com - Saat ini, tren menanam dan merawat tanaman hias di Indonesia semakin hari semakin menjamur. Kegiatan ini dilakukan berbagai kalangan, baik tua maupun muda.

Banyak orang pada akhirnya memilih menanam tanaman hias demi mempercantik tampilan rumah sekaligus mengisi waktu yang lebih senggang akibat kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. 

Baca juga: Jenis Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Berbagai Area di Rumah

Memasuki April 2021, terdapat tanaman hias yang diklaim sedang naik daun dan diburu masyarakat. Penasaran tanaman hias apa saja? Dikutip dari channel YouTube Fifteen, Senin, (26/4/2021), berikut ini adalah 10 tanaman hias yang naik daun pada bulan April 2021. 

1. Aglonema Rotundum Aceh

Kebanyakan aglonema berdaun lebar, tapi tidak dengan Rotundum Aceh. Jenis tanaman hias ini berdaun relatif lebih mungil, yang merupakan khas Indonesia. Tanaman ini banyak ditemukan di Sumatera Utara dan Aceh. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur Minimalis

Rotundum berdaun relatif lebih mungil berwarna hitam dan terdapat garis melengkung berwarna pink di daunnya. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Monstera Obliqua

Monstera obliqua memiliki tampilan yang unik dengan bentuk daun menyerupai hati yang sekilas mirip daun sirih, tapi terkesan lebih lonjong. Daun monstera obliqua juga berlubang dan tersusun rapi mengikuti ruas tulang daun. 

Baca juga: Tanaman Hias Indoor Harus Diberi Pupuk, Ini Panduannya

3. Philodendron Selloum

Lebih dikenal dengan philodendron jari karena dedaunannya yang menyerupai jari manusia, philodendron selloun mempunyai kesan mewah dan maskulin. Tanaman ini cukup banyak diburu kolektor sehingga harga jualnya cukup mahal. 

4. Sukulen atau Kaktus Mini

Pada sekarang ini, kaktus mini atau sukulen menjadi tanaman hias populer pada April 2021. Bentuknya yang mungil dan cantik membuat banyak pecinta tanaman hias ingin mengoleksinya. 

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Kering? Letakkan 5 Tanaman Hias Ini

Kaktus mini menyimpan cadangan air pada daun dan batangnya sehingga bisa bertahan hidup tanpa harus sering disiram. Meskipun merupakan tanaman perawatan rendah, kaktus mini masih membutuhkan sinar matahari maupun suhu ruangan yang sesuai. 

5. Sirih Gading Silver

Tanaman hias selanjutnya yang tengah naik daun pada April ini adalah sirih gading silver. Karena tergolong langka, sirih gading silver memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Corak putih pada daun sirih gading silver terlihat lebih tua hampir seperti perak. Daun sirih gading silver akan lebih tumbuh bila rutin dipangkas. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X