Kompas.com - 23/04/2021, 05:22 WIB
Ilustrasi tanaman hias gantung. SHUTTERSTOCK/TIPPYTORTUEIlustrasi tanaman hias gantung.

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kamu yang memiliki lahan sempit namun tetap ingin berkebun, kamu bisa mencoba meletakkan tanaman dengan teknik gantung.

Namun, pot gantung membutuhkan tanaman khusus agar bisa menjuntai ke bawah dan semakin mempercantik ruangan.

Berikut adalah sepuluh tanaman gantung indoor yang bisa kamu pilih seperti dilansir dari I Property, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: 8 Tanaman Hias Gantung Indoor yang Mampu Mempercantik Ruangan

1. Paku sarang burung

Dengan nama ilmiah Asplenium nidus, tumbuhan gantung dalam ruangan ini tergolong epifit di alam liar karena kemampuannya dalam menempel atau berpegangan pada jenis tumbuhan lain sehingga dapat tumbuh.

Tanaman ini bisa diletakkan di dinding dan bisa tumbuh di atas batu dan kayu juga. Paku sarang burung ini menyukai lingkungan yang lembab, untuk itu, tanaman ini sangat ideal untuk digantung di kamar mandi.

2. Tanaman chenile

Nama ilmiah tumbuhan ini adalah Acalypha hispida. Bila dirawat dengan benar, tanaman ini bisa tumbuh hingga 4,5 meter. Jika akan diletakkan di dalam rumah, kamu bisa memangkasnya sehingga hanya akan tumbuh setinggi 2 meter.

Tanaman ini mudah tumbuh. Kamu bisa menyimpannya lama di rumah asalkan mereka tergantung jauh dari daerah yang sering dilalui. Cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan daun dan bunga baru adalah dengan memangkasnya secara teratur.

Baca juga: Tanaman Hias Gantung Harus Lebih Sering Disiram? Ini Penjelasannya

Bunga berwarna merah dari tanaman ini membuatnya menjadi hiasan yang ideal untuk ruang tamu atau ruang makan.

Ilustrasi tanaman air plant.PIXABAY/JEON SANG O Ilustrasi tanaman air plant.

3. Air plant

Air plant bisa tumbuh tergantung di terarium kaca meskipun tanpa tanah. Ini adalah jenis tanaman gantung dalam ruangan dengan perawatan yang sangat mudah.

Namun tanaman ini lebih senang diletakkan di ruangan yang cerah dengan banyak sinar alami dari luar yang masuk.

4. Kaktus anggur

Tanaman ini masuk dalam keluarga succulent, sehingga dapat mentolerir suhu tinggi, banyak sinar matahari, dan lebih sedikit air.

Tanaman ini memiliki daun berdaging yang tumbuh tebal, oleh karena itu yang terbaik adalah menggantungnya di keranjang. Daunnya yang tebal dapat menahan air untuk waktu yang lama, menjaganya tetap terhidrasi meski tanpa air selama seminggu.

Halaman:


Sumber I Property
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X