Kompas.com - 22/04/2021, 19:09 WIB
Ilustrasi lalat 1168097506Ilustrasi lalat

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat adalah salah satu hama serangga yang kerap muncul di area rumah. Tidak hanya di dalam rumah, lalat juga kerap muncul di halaman atau pekarangan rumah kita.

Kehadiran lalat tentu mengganggu, karena diyakini bisa menyebarkan beragam penyakit. Namun, bagaimana dengan upaya membasmi lalat di pekarangan rumah?

Dilansir dari The Spruce, Kamis (22/4/2021), berikut ini beberapa cara membasmi lalat di pekarangan rumah.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Lalat Buah yang Terus-Menerus Muncul di Rumahmu

1. Identifikasi dan hilangkan sumber makanan dan area pembiakan

Semua bahan organik yang membusuk, termasuk limbah tumbuhan atau kotoran hewan, dikombinasikan dengan sedikit kelembaban, secara alami akan menjadi surga bagi lalat untuk makan dan bertelur.

Telur-telur lalat akan dengan cepat menetas menjadi belatung yang akan segera berkembang menjadi lebih banyak lalat. Oleh karena itu, pengendalian lalat dalam jangka panjang mengharuskan Anda mengidentifikasi dan menghilangkan sumber makanan dan kelembaban ini.

Jika Anda pernah mengunjungi sebuah peternakan, atau tinggal di atau dekat peternakan, Anda akan mengenali bahwa padang rumput atau lumbung dengan kotoran hewan adalah surga bagi lalat.

Namun, masalah serupa dapat terjadi bahkan di sekitar rumah perkotaan, jika kotoran hewan peliharaan, tumpukan kompos, atau bahkan tumpukan daun dibiarkan membusuk.

Baca juga: Buah Cabai Rontok dan Busuk? Lalat Buah Bisa Jadi Penyebabnya

Aktivitas lalat akan terlihat paling jelas pada hari-hari musim kemarau. Cari kawanan kecil lalat, yang akan mengidentifikasi tempat lalat sedang mencari makan dan bertelur.

Bersihkan atau hilangkan area mana pun di mana lalat terlihat hidup dan berkembang biak, dan area apa pun yang menarik mereka untuk memberi makan, antara lain dengan cara berikut ini. 

  • Gunakan tutup yang rapat, dan bersihkan tempat sampah secara teratur. Jika menggunakan kantong plastik, pastikan tertutup rapat.
  • Ambil kotoran hewan secara teratur, dan singkirkan tanaman yang mati atau membusuk.
  • Jaga kebersihan kandang anjing, bersihkan makanan atau air yang tumpah.
  • Singkirkan area genangan air, dan kelembaban berlebihan lainnya di sekitar pekarangan rumah.
  • Jauhkan tumpukan kompos jauh dari rumah dan kelola dengan baik untuk meminimalkan lalat.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X