Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Lalat di Pekarangan Rumah? Ini 7 Cara Membasminya

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat adalah salah satu hama serangga yang kerap muncul di area rumah. Tidak hanya di dalam rumah, lalat juga kerap muncul di halaman atau pekarangan rumah kita.

Kehadiran lalat tentu mengganggu, karena diyakini bisa menyebarkan beragam penyakit. Namun, bagaimana dengan upaya membasmi lalat di pekarangan rumah?

Dilansir dari The Spruce, Kamis (22/4/2021), berikut ini beberapa cara membasmi lalat di pekarangan rumah.

1. Identifikasi dan hilangkan sumber makanan dan area pembiakan

Semua bahan organik yang membusuk, termasuk limbah tumbuhan atau kotoran hewan, dikombinasikan dengan sedikit kelembaban, secara alami akan menjadi surga bagi lalat untuk makan dan bertelur.

Telur-telur lalat akan dengan cepat menetas menjadi belatung yang akan segera berkembang menjadi lebih banyak lalat. Oleh karena itu, pengendalian lalat dalam jangka panjang mengharuskan Anda mengidentifikasi dan menghilangkan sumber makanan dan kelembaban ini.

Jika Anda pernah mengunjungi sebuah peternakan, atau tinggal di atau dekat peternakan, Anda akan mengenali bahwa padang rumput atau lumbung dengan kotoran hewan adalah surga bagi lalat.

Namun, masalah serupa dapat terjadi bahkan di sekitar rumah perkotaan, jika kotoran hewan peliharaan, tumpukan kompos, atau bahkan tumpukan daun dibiarkan membusuk.

Aktivitas lalat akan terlihat paling jelas pada hari-hari musim kemarau. Cari kawanan kecil lalat, yang akan mengidentifikasi tempat lalat sedang mencari makan dan bertelur.

Bersihkan atau hilangkan area mana pun di mana lalat terlihat hidup dan berkembang biak, dan area apa pun yang menarik mereka untuk memberi makan, antara lain dengan cara berikut ini. 

  • Gunakan tutup yang rapat, dan bersihkan tempat sampah secara teratur. Jika menggunakan kantong plastik, pastikan tertutup rapat.
  • Ambil kotoran hewan secara teratur, dan singkirkan tanaman yang mati atau membusuk.
  • Jaga kebersihan kandang anjing, bersihkan makanan atau air yang tumpah.
  • Singkirkan area genangan air, dan kelembaban berlebihan lainnya di sekitar pekarangan rumah.
  • Jauhkan tumpukan kompos jauh dari rumah dan kelola dengan baik untuk meminimalkan lalat.

2. Lindungi bangunan rumah

Di hampir semua kasus, lalat yang ditemukan di dalam rumah masuk dari luar. Oleh karena itu, penghalang yang mencegah akses ke gedung menjadi penting, caranya sebagai berikut.

  • Tutupi celah di sekitar jendela dan pintu tempat lalat bisa masuk.
  • Gunakan kasa yang terpasang dengan baik atau jaring kecil, pada semua pintu dan jendela
  • Gudang, garasi, gazebo, dan beranda juga harus dilindungi dari infiltrasi lalat.

3. "Undang" Predator Alami

Banyak burung dan hampir semua kelelawar akan memakan banyak serangga, termasuk lalat. Pun banyak burung yang memakan belatung dan larva, menawarkan pengendalian lalat sejak dini.

Kelelawar biasanya adalah pemburu malam, dan mereka bisa memakan lalat dalam jumlah besar di malam hari.

Lakukan apa yang Anda bisa untuk mendorong burung dan kelelawar pemakan serangga mampir ke pekarangan rumah Anda. Katak dan amfibi kecil lainnya di pekarangan rumah juga akan memakan lalat dewasa dan larvanya.

4. Jebak lalat

Perangkap dapat berdampak terbatas di udara terbuka. Pertimbangkan opsi perangkap ini:

5. Gunakan kipas angin

Di teras atau gazebo, metode yang sangat efektif adalah memasang kipas angin. Lalat tidak dapat bermanuver dengan baik saat angin bertiup kencang, jadi ini bisa menjadi strategi yang sangat bagus.

Kipas angin gantung permanen juga bisa menjadi pilihan.

6. Lilin

Lilin aroma serai yang dibuat dari minyak esensial akan mengusir lalat dan nyamuk. Anda mungkin perlu menyalakan beberapa lilin untuk mengusir lalat secara efektif.


7. Bikin strip anti lalat sendiri

Anda dapat membuat strip anti lalat sendiri dengan merendam kain dengan minyak wangi, seperti cengkeh, lavender, serai, kayu putih, rosemary, atau mint. Ikat kain pada cabang atau pagar pohon, aromanya sangat efektif untuk mengusir lalat.

Apa penyebab munculnya lalat di pekarangan rumah?

Lalat muncul di lokasi luar ruangan di mana pun dan kapan pun ada sumber makanan dan kelembaban. Kegelapan juga meningkatkan perkembangbiakan, penetasan, dan perkembangan larva menjadi lebih banyak lalat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/22/190900676/banyak-lalat-di-pekarangan-rumah-ini-7-cara-membasminya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke