Kompas.com - 22/04/2021, 18:30 WIB
Ilustrasi microwave, perangkat atau alat masak canggih yang memudahkan siapapun memasak atau memanaskan makanan dalam plastik. SHUTTERSTOCKIlustrasi microwave, perangkat atau alat masak canggih yang memudahkan siapapun memasak atau memanaskan makanan dalam plastik.

JAKARTA, KOMPAS.com— Sebagian besar orang masih kebingungan dalam memilih antara oven dan microwave ketika membeliHal ini karena kedua peralatan elektronik itu memiliki fungsi yang kurang-lebih sama. 

Sama-sama memiliki fungsi menghangatkan dan memasak makanan, nyatanya oven dan microwave memiliki perbedaan cukup besar. Bagi kamu yang tengah berencana membeli salah satu di antaranya, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu perbedaan antara oven dan microwave agar tak salah pilih.

Nah, berikut beberapa perbedaan antara oven dan microwave seperti dilansir dari The Home Mantra, Kamis (22/4/2021). 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Oven Listrik

1. Mesin

Meski sama-sama berbentuk persegi panjang, bagian-bagian di dalam oven dan microwave ternyata berbeda. Bagian dalam microwave memiliki magnetron untuk menghasilkan gelombang mikro, pemandu gelombang yang membantu gelombang melewati dari magnetron ke wadah bagian dalam, pengaduk untuk menyebarkan gelombang mikro, dan piring yang dapat diputar untuk memutar makanan agar panas dengan merata.

Sedangkan oven memiliki elemen pemanas di bagian atas dan bawah ruang memasak bersama dengan kipas serta pemanggang.

2. Proses pemanasan

Hal ini adalah proses utama dalam oven yang harus diperhatikan saat memasak. Baik oven maupun microwave mempunyai proses pemanasan berbeda.

  • Proses pemanasan dalam microwave

Dalam oven microwave, magnetron adalah tabung vakum yang menghasilkan gelombang mikro. Saat dialiri listrik, ia mengubah elektron menjadi elektron yang berosilasi dengan frekuensi yang sama dengan frekuensi gelombang mikro. Dengan demikian, produksi gelombang mikro berlangsung. 

Gelombang mikro yang dihasilkan kemudian masuk ke ruang masak melewati pandu gelombang. Pengaduk seperti kipas hadir di bagian atas ruang memasak, memungkinkan gelombang mikro menyebar secara merata di dalamnya. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Oven? Ini Penjelasannya

Gelombang mikro penyebar dipantulkan ke dinding ruang memasak oleh gelombang yang memantulkan lapisan bahan dan cenderung memantul kembali beberapa kali.

Gerakan dan buih gelombang mikro kemudian masuk ke makanan yang mengandung molekul air. Sifat dielektrik molekul air menggetarkan penetrasi microwave dan menghasilkan pembentukan panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X