Kompas.com - 22/04/2021, 14:56 WIB
Ilustrasi microwave oven. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi microwave oven.

JAKARTA, KOMPAS.com- Selain oven dan kompor, microwave merupakan peralatan dapur yang sangat membantu dalam menyiapkan makanan. Peranti elektronik ini berfungsi menghangatkan, mengukus, serta memasak makanan atau camilan dalam waktu singkat.

Namun, dilansir dari Thekicthn, Kamis (22/4/21), sama dengan peralatan dapur lainnya, microwave tidak dibuat untuk bertahan selamanya atau memiliki keawetan yang lama. Pada waktu tertentu, microwave perlu diganti.

Baca juga: 8 Hal yang Bisa Memperpendek Masa Pakai Microwave

Lantas, kapan microwave harus diganti? Berikut enam tanda bahwa sudah waktunya mengganti microwave baru. 

Timbul Asap, percikan api, dan bau terbakar 

Ini adalah tanda yang paling serius. Jika sudah menemukan tanda-tanda seperti ini, hentikan aktivitas memasak menggunakan microwave, lalu segera matikan microwave dengan mencabut steker. Tanda ini sangat jelas bahwa microwave Anda rusak serta sudah waktunya diganti. 

Waktu memasak lebih lama 

Daya tarik microwave adalah memiliki gelombang mikro yang merupakan faktor mempercepat waktu memasak. Apabila microwave memanaskan makanan jauh lebih lambat dari biasanya atau tidak bisa memasak sama sekali, artinya ada sesuatu yang tidak beres. 

Baca juga: 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimasukkan ke Dalam Microwave

Jika Anda merasa daya microwave mulai berkurang, cobalah masak satu cangkir air dengan daya tinggi selama dua menit. Jika hasilnya tidak terlalu panas, itu artinya sudah waktunya untuk mempertimbangkan membeli microwave baru. 

 Bunyi Berisik 

Saat memasak, suara microwave biasanya relatif tenang dan tidak menimbulkan bunyi berisik. Jika ada suara aneh dan berisik, hal ini mengartikan ada sesuatu yang tidak beres. Untuk mengeceknya, Anda dapat memeriksa meja putar dan bilah kipas.

Sisa makanan atau ketidaksejajaran bisa menjadi salah satu penyebab microwave mengeluarkan bunyi berisik. Namun, jika area tersebut baik-baik saja, ada masalah yang lebih besar yang mungkin paling baik diselesaikan dengan microwave baru. 

Pintu tidak tertutup dengan benar

Pintu microwave harus tertutup rapat ketika ditutup atau saat digunakan. Pintu adalah fitur keselamatan penting yang dirancang untuk menjaga agar radiasi tetap terkendali. Jika pintu tampak retak, tidak bisa menutup rapat, atau rusak, saatnya Anda harus menyiapkan kocek untuk mengganti dengan microwave baru. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Microwave Tanpa Perlu Digosok

Papan tombol tidak berfungsi 

Papan tombol merupakan bagian integral dari microwave. Semua fitur mungkin tidak akan berfungsi dengan baik jika Anda salah menekan tombol untuk waktu memasak, pengaturan daya, atau tombol mulai.

Untuk memperbaikinya, cobalah membersihkan keypad dengan baik. Namun, bila tidak berhasil, mungkin sudah waktunya mengganti microwave

Berusia lebih dari 10 tahun 

Kebanyakan gelombang mikro dibuat untuk bertahan hingga 10 tahun. Namun, jika microwave Anda melampaui waktu daya tahan normal dan masih berfungsi dengan bagus, sebaiknya tetap mempertimbangkan untuk mengganti microwave. Mengingat, teknologi semakin canggih serta sebagian besar peralatan eletronik terbaru lebih hemat energi. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X