Kompas.com - 22/04/2021, 19:46 WIB
Ilustrasi apartemen ShutterstockIlustrasi apartemen

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli properti seperti rumah atau apartemen di masa pandemi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Salah satu alasannya karena harga saat pandemi jadi lebih murah dan ketika dijual kembali nilainya bisa lebih tinggi.

Salah satu investasi yang banyak digemari adalah properti, khususnya apartemen. Investasi hunian vertikal dianggap lebih menjanjikan.

Pasalnya, tinggal di apartemen sekarang sudah menjadi gaya hidup terutama untuk kalangan profesional muda yang selalu menginginkan tinggal di hunian yang strategis dan dilengkapi fasilitas yang lengkap.

Baca juga: Tips Mudah Mendekorasi Apartemen Sewaan

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk investasi apartemen di saat pandemi, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Tentukan lokasi yang strategis

Pilihlah apartemen yang berada di lokasi yang strategis seperti dekat dengan area perkantoran, rumah sakit, pusat pendidikan, pusat perbelanjaan dan lain-lain. Semakin strategis lokasi apartemen yang ingin dibeli, potensi untuk dijual atau disewa akan semakin besar.

2. Tentukan target pembeli atau penyewa

Langkah selanjutnya adalah menentukan target pembeli dan penyewa. Pilihlah segmen pasar yang luas dengan kemampuan daya beli yang cukup.

Penentuan target konsumen ini sangat penting karena nantinya akan menentukan produk hunian yang akan Anda beli.

Baca juga: Panduan Keamanan Ketika Kamu Berniat Menyewa Apartemen

3. Tentukan harga jual atau harga sewa sewajarnya

Jangan mematok harga jual atau sewa yang terlalu tinggi dan jangan pula memasang harga jual terlalu murah.

Sebenarnya, ada beberapa cara menentukan harga jual atau sewa apartemen. Seperti berdasarkan harga pasaran, atau berdasarkan perhitungan NJOP.

4. Beli apartemen dengan fasilitas lengkap

Fasilitas yang lengkap bisa mendorong minat seseorang untuk membeli apartemen. Keberadaan fasilitas dapat membuat penghuni merasa nyaman untuk tinggal di sebuah apartemen.

Tidak hanya itu, fasilitas yang lengkap juga dapat mempengaruhi harga jual apartemen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X