Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadan, Tips Membuat Ruangan Salat yang Nyaman di Rumah

Kompas.com - 12/04/2021, 12:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak lama lagi umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadhan, di mana pada bulan tersebut akan ada banyak kegiatan ibadah yang dilakukan, khususnya salat.

Namun, di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, mungkin sebagian dari kamu masih ada yang khawatir pergi ke masjid untuk melaksanakan ibadah salat, sehingga masih memilih salat di rumah.

Oleh karena itu, kamu pasti ingin membuat ruangan salat atau musala di rumahmu menjadi nyaman dan menyenangkan untuk digunakan beribadah pada Ramadhan nanti agar bisa lebih khusyuk.

Baca juga: Anjuran dan Larangan yang Perlu Kamu Terapkan di Ruang Tamu

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (12/4/2021), berikut ini berbagai tips membuat ruangan shalat di rumahmu menjadi tempat yang nyaman.

1. Perhatikan sirkulasi udara dan cahaya

Dilihat dari kanal Youtube Erin Official, hal yang perlu diperhatikan dalam ruang salat atau musala di rumah, yaitu sirkulasi udara dan cahaya matahari.

Dengan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang baik, itu membuat ruangan untuk shalat di rumahmu menjadi tidak lembab dan terasa segar, sehingga kamu dapat beribadah dengan khusyuk dan nyaman.

Kamu bisa membuat desain musala pada ruang terbuka, seperti dekat dengan taman di rumah apabila ada. Dengan cara seperti ini, kamu dapat membuat ruangan shalat terasa sejuk karena angin bisa masuk dari segala penjuru arah.

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruang Tamu Kecil

2. Gunakan elemen kayu pada lantai

Ruang shalat atau musala di rumahmu dapat menjadi lebih menarik dan nyaman apabila lantainya dibuat dengan elemen kayu.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan vinyl sebagai lantai di musala rumah. Cara ini juga bisa membuat ruang shalat di rumahmu terasa semakin dekat dengan alam.

Jika kamu mau, elemen kayu ini bisa kamu lapisi lagi dengan sajadah atau karpet. Tapi, lantai vinyl yang berkualitas seharusnya sudah cukup membuat nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com