Kompas.com - 12/04/2021, 07:27 WIB
Ilustrasi menanam cabai di dalam pot. SHUTTERSTOCK/OLGA KORICAIlustrasi menanam cabai di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang menanam cabai di rumah tentu ingin agar tanaman cabai rajin berbuah dan tumbuh dengan sehat. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan nutrisi untuk tanaman cabai dengan baik.

Agar tanaman cabai rajin berbuah dan sehat, Anda tidak perlu memberi produk nutrisi atau pupuk buatan yang dijual di pasaran. Anda bisa menggunakan bahan yang ada di dapur.

Dilansir dari Balcony Garden Web, Senin (12/4/2021), Anda bisa menggunakan garam epsom untuk membuat tanaman cabai rajin berbuah dan bebas penyakit. Garam epsom dapat digunakan baik untuk tanaman cabai yang ditanam di tanah atau pot.

Baca juga: Kenapa Ujung Buah Cabai Membusuk? Penyebab dan Cara Mencegahnya

Kegunaan garam untuk tanaman cabai

Ilustrasi garam epsom.FREEPIK/JCOMP Ilustrasi garam epsom.

Untuk menumbuhkan tanaman cabai terbaik, berikan sinar matahari penuh, tanah agak lembab, dan tanah pot yang subur dengan kompos.

Bahkan jika Anda memupuk dengan benar dan merawat tanaman Anda dengan benar, seperti tomat, defisiensi magnesium dan sulfur sangat umum terjadi pada tanaman cabai, terutama pada tanaman dalam pot.

Daun kecil dan keriting, daun menguning, pertumbuhan lambat, dan buah cabai yang lebih kecil dari biasanya atau buah yang matang terlambat, hasil yang rendah adalah gejala utamanya.

Gunakan garam epsom untuk menumbuhkan tanaman cabai yang lezat, produktif, dan bebas penyakit.

Baca juga: Tips Peremajaan Tanaman Cabai agar Kembali Produktif

Setelah tiga unsur tumbuhan terpenting, yakni NPK (Nitrogen-Fosfor-Kalium) yang paling dibutuhkan tumbuhan, magnesium dan sulfur bersama dengan kalsium dianggap sebagai unsur tumbuhan esensial sekunder.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X