Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mendekorasi Ruang Keluarga dengan Luasan Terbatas

Kompas.com - 02/04/2021, 12:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang bersantai, mengobrol dengan anggota keluarga, atau menetap untuk menonton film, sebagian besar kegiatan ini dilakukan di satu area rumah, yaitu ruang keluarga.

Dengan demikian, kenyamanan di ruang ini harus menjadi faktor utama saat mendekorasinya.

Dilansir dari Hunker, Jumat (2/4/2021), kenyamanan pada ruang keluarga tak selalu terkait dengan luas atau besaran ruangan tersebut.

Baca juga: Ingin Ruang Keluarga Lebih Nyaman? Intip Caranya

Mungkin ada beberapa yang harus diperhatikan dalam mendekorasi ruang keluarga yang memiliki keterbatasan ruang, namun dengan pemilihan furnitur dan tata letak yang tepat bisa menjadikan ruang keluarga kecil lebih nyaman.

Tata letak

Sebelum Anda membeli furnitur atau benda dekoratif apa pun, Anda harus memikirkan tata letak ruangan yang memungkinkan. 

Pikirkan bagaimana alur jalan atau lalu lintas pada ruangan tersebut, hindari meletakkan furnitur di area yang memiliki kepadatan lalu lintas orang berjalan. Hal yang perlu diingat adalah hindari meletakkan banyak furnitur dan elemen dekorasi lainnya di dalam ruangan tersebut.

Penyimpanan

Meskipun sulit untuk meletakkan penyimpanan di tengah ruangan keluarga yang kecil, Anda dapat memilih furnitur fungsional dan ukurannya yang kecil, misalnya meja konsol yang tidak memakan banyak ruang, atau rak dinding yang dapat menyimpan beragam elemen dekorasi dan pajangan yang cantik.

Baca juga: Intip 5 Cara Meletakkan TV di Ruang Keluarga agar Lebih Cantik

Usahakan memilih furnitur yang memiliki komponen penyimpanan, seperti ottoman yang terbuka sehingga Anda bisa menyimpan barang di dalamnya. 

Pencahayaan

Selain itu, pencahayaan juga merupakan faktor penting. Lampu gantung adalah cara yang bagus untuk membuat titik fokus di ruang keluarga kecil. Jika Anda kekurangan permukaan meja, kemungkinan besar lampu meja bukanlah pilihan terbaik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com