Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Mendesain Rumah Jika Memiliki Hewan Peliharaan

Kompas.com - 12/04/2021, 08:45 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika kamu berencana memboyong sahabat berbulumu untuk tingal di rumah barumu, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk mendesain rumah agar ramah untuk hewan peliharaan.

Berikut adalah tujuh tips desain rumah yang bisa kamu terapkan untuk rumah dengan hewan peliharaan, seperti dilansir dari Renonation, Senin (12/4/2021).

1. Pilih kain pelapis yang tepat

Untuk pelapis sofa, hindari memakai bahan yang akan membuat bulu hewan peliharaan menempel dan sulit dibersihkan. Sebaiknya hindari juga memilih kain yang mudah tergores atau ternoda dan dapat dengan mudah tergores atau ternoda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Hewan Peliharaan yang Menempel di Pakaian

Bahan kulit adalah pilihan yang bagus karena cenderung tidak membuat bulu menempel. Namun, kamu juga disarankan untuk menghindari bahan kulit yang terlalu halus karena sangat mudah tergores.

Serat mikro sintetis juga sangat tahan lama dan bulu dapat dihilangkan dengan mudah menggunakan lint roller. Sarung juga harus bisa dilepas sehingga kamu bisa membersihkannya dengan mudah.

Jika hewan peliharaan masih tidur di tempat tidur dengan, pastikan tempat tidur juga terbuat dari bahan yang ramah hewan peliharaan. Pilih bahan yang ditenun rapat agar bulu hewan tidak terjebak diantara kain.

Linen atau serat mikro adalah pilihan yang bagus. Hindari bahan berharga seperti sutra, yang dapat rusak dan sangat mudah robek.

Baca juga: 10 Ras Kucing Paling Cerdas yang Pas untuk Jadi Hewan Peliharaan

2. Untuk dinding dan lantai, pilih bahan yang tahan lama dan mudah dibersihkan

Untuk menjaga rumah yang ditempati hewan peliharaan tetap dalam kondisi bersih untuk jangka panjang, pastikan dinding dan lantai mudah dibersihkan.

Untuk dinding, pilih cat yang memiliki kilau agak glossy, yang lebih mudah dibersihkan dibandingkan permukaan matte. Pilih cat yang tahan noda.

Wallpaper bertekstur sebaiknya dihindari, karena cenderung mudah tergores karena cakaran kucing atau anjing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com