Kompas.com - 11/04/2021, 18:48 WIB
Ilustrasi kucing, menggendong kucing. UNSPLASH/LINDA ROBERTIlustrasi kucing, menggendong kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang memelihara hewan peliharaan seperti kucing dan anjing kerap kali mengalami kondisi di mana bulu mereka menempel pada pakaian Anda. Seringkali bulu kucing atau anjing susah dihilangkan dari pakaian.

"Bulu hewan peliharaan sering kali melekat atau terbelit serat pakaian Anda," jelas Michael Sweigart, pendiri FurZapper, seperti dikutip dari Martha Stewart, Minggu (11/4/2021).

"Sangat sulit untuk dihilangkan karena biasanya ada banyak serat rambut ini di semua sudut dan celah pakaian Anda," imbuh Sweigart.

Baca juga: Cara Mencuci Handuk agar Tidak Bau, Pakai Cuka dan Baking Soda

Tidak cuma menempel di pakaian, bulu hewan peliharaan juga dapat menempel dan menumpuk di mesin cuci dan pengering. Ini bisa menyebabkan masalah kerusakan pada mesin cuci.

"Saat bulu hewan peliharaan menjadi basah, ia menjadi basah dan menggumpal, menempel di bagian dalam mesin," ujar Kadi Dulude dari Wizard of Homes.

"(Bulu hewan peliharaan) juga bisa tersangkut di filter air Anda dan akhirnya menyumbat mesin atau saluran pembuangan Anda," imbuhnya.

Nah, bagaimana cara agar bulu hewan peliharaan tidak menempel pada pakaian Anda?

Baca juga: Simak, Cara Mencuci Tas Belanja Sesuai Materialnya

1. Sisir hewan peliharaan Anda secara teratur

Cara terbaik untuk menjaga cucian Anda bebas dari bulu halus adalah dengan mencegah penumpukan rambut sejak awal.

"Sisir hewan peliharaan Anda dengan sisir khusus untuk menghilangkan bulu-bulu yang lepas untuk membantu rumah Anda (dan mesin!) Agar bebas rambut," ungkap Dulude.

"Jika Anda menemukan pakaian dan tempat tidur Anda masih tertutup rambut, pastikan untuk menyedot atau menggunakan rol serat sebelum memasukkannya ke mesin cuci," sebutnya.

2. Mencuci alat penghilang bulu

Jangan lupa mencuci atau membersihkan alat penghilang bulu atau bola penghilang serat. Ini dimaksudkan untuk membantu melepaskan dan mengumpulkan helaian bulu hewan peliharaan yang menempel.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X