Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Mencuci Tas Belanja Sesuai Materialnya

Kompas.com - 06/04/2021, 17:54 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan tas belanja ramah lingkungan memang dapat membantu menjaga lingkungan dari sampah plastik yang terus menumpuk.

Namun, di sisi lain memakai tas belanja dapat menimbulkan penumpukan bakteri dan kuman jika tidak dibersihkan dengan baik dan secara teratur.

Dalam sekali belanja, ada berbagai jenis bahan makanan di dalam tas tersebut, mulai dari daging, sayuran, buah-buahan, hingga produk susu.

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Bakteri, Begini Cara Mencuci Tas Belanja

Dilansir dari Cleaning Institute, Selasa (6/4/2021), agar tidak terkontaminasi dengan kuman, dan jamur, cuci dan simpan tas belanja dengan aman setelah digunakan. Cuci tas setelah digunakan, mengikuti instruksi perawatan.

Lihat label perawatan kain atau tabel di bawah untuk lebih jelasnya. Seka tas berinsulasi dengan kain desinfektan atau sanitasi, terutama di sepanjang jahitannya. Setelah dicuci, pastikan tas sudah kering sebelum disimpan.

Terpisah

Selain itu, untuk mencegah menyebarkan kontaminasi di dalamnya, gunakan kantong terpisah untuk daging mentah, makanan laut, dan hasil bumi.

Beri label pada tas untuk menghindari kebingungan. Pisahkan tas untuk barang non-makanan seperti pembersih, buku, perlengkapan olahraga, dan lain sebagainya dari tas makanan.

Baca juga: Hati-hati, Banyak Kuman Menempel di Tas Belanja

Yang harus diingat adalah hindari menyimpan tas di bagasi mobil, karena di tempat itu adalah lingkungan yang gelap, hangat dan seringkali lembap yang mendorong pertumbuhan bakteri.

Untuk mencegah bakteri yang tumbuh di tas, simpan di lingkungan yang sejuk dan kering serta yang memiliki sirkulasi udara baik.

Kemudian, hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tas belanjaan memiliki bahan yang berbeda dan tentunya dengan perawatan yang berbeda. Berikut cara mencuci tas belanjaan sesuai dengan bahan materialnya:

Polypropylene
Untuk tas dengan bahan material polypropylene Anda bisa mencuci dengan mesin cuci, gunakan siklus lembut dan sabun serta air dingin. Atau juga bisa mencuci dengan tangan dengan sabun dan air, setelahnya keringkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com