Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menangani Ikan Cupang yang Baru Dibeli agar Tidak Stres

Kompas.com - 06/04/2021, 15:55 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain berkebun tanaman hias, mengoleksi dan merawat ikan cupang juga merupakan salah satu kegiatan yang makin diminati banyak orang saat ini.

Apabila kamu adalah seseorang yang baru tertarik untuk memelihara ikan cupang dan berencana untuk membelinya, maka ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan.

Sebab, ikan cupang yang baru kamu beli butuh penanganan khusus, agar mereka tidak stres dan terkejut dengan tempat tinggal dan pemilik barunya.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Ikan Cupang yang Susah Buang Air Besar

Apabila kamu baru membeli ikan cupang dan ingin ditempatkan di wadah atau akuarium yang baru, ada hal-hal yang harus kamu ketahui, terlebih untuk kamu yang seorang pemula dan baru akan memelihara ikan cupang.

Dilihat dari kanal Youtube Petani Berdasi, Selasa (6/4/2021), berikut ini penanganan dan cara memindahkan ikan cupang yang baru dibeli agar tidak stres.

1. Endapkan air pada sebuah ember

Sebelum berencana membeli ikan cupang, lamu perlu mengendapkan air pada sebuah ember selama 3-4 hari. Hal ini bertujuan untuk pengendapan air, terlebih air yang kamu gunakan adalah air PDAM.

Air PDAM atau PAM mengandung kaporit yang sangat berbahaya pada ikan cupang, karena menyebabkan iritasi pada insang.

Baca juga: Berapa Lama Umur Ikan Cupang? Berikut Penjelasannya

2. Rendam bungkusan plastik ikan cupang ke air yang diendapkan di ember

Setelah ikan cupang yang kamu beli tiba di rumahmu, kamu bisa merendam bungkus plastik ikan cupang yang baru kamu beli ke dalam air yang diendapkan di ember.

Cara ini merupakan langkah penyesuaian suhu terhadap ikan yang baru kamu beli, atau yang baru akan dipindahkan di akuarium baru di rumahmu.

Rendam plastik pembungkus ikan cupang di air yang diendapkan di ember selama 10-15 menit. Hal ini bertujuan agar ikan cupang yang baru kamu beli bisa menyesuaikan diri di lingkungan, air, dan suhu yang baru.

Apabila ikan cupang yang baru kamu beli langsung kamu pindahkan ke air yang lain, hal itu bisa membuat mereka akan sangat stres, karena bisa terjadi perubahan suhu yang sangat drastis.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com