Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Umur Ikan Cupang? Berikut Penjelasannya

Kompas.com - 30/03/2021, 12:37 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Ikan cupang kini tengah digandrungi. Beberapa orang memutuskan memelihara ikan ini karena keindahannya. Namun sayangnya, ikan cupang tak memiliki umur yang panjang.

Ikan yang juga dikenal dengan ikan betta ini rata-rata hidup sekitar tiga tahun. Namun, itu tidak berarti kamu akan memiliki ikan cupang selama itu.

Mengapa? Karena cupang yang dibeli di toko ikan hias seringkali sudah berumur satu tahun.

Baca juga: Cara Mengatasi Perut Kembung pada Ikan Cupang

Terlebih untuk ikan cupang jantan yang biasanya akan dibiarkan dewasa sepenuhnya sebelum dipasarkan, sehingga sirip dan warnanya sudah berkembang dengan baik dan indah.

Untuk ikan cupang betina, mungkin dijual pada usia yang sedikit lebih muda, tetapi mereka umumnya akan berusia setidaknya enam bulan saat ditawarkan untuk dijual.

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (30/3/2021), salah satu kunci untuk menikmati ikan cupang Anda lebih lama adalah dengan membeli ikan muda yang sehat dari toko ikan hias yang memiliki reputasi baik.

Hindari membeli ikan pucat karena itu pertanda adanya penyakit. Sirip tidak boleh robek atau compang-camping dan mata harus jernih dan tidak menonjol keluar.

Baca juga: Tips Menciptakan Lingkungan Hidup untuk Ikan Cupang agar Panjang Umur

Cari tanda-tanda luka atau cedera pada tubuh. Cupang yang sehat aktif dan akan merespons saat kamu meletakkan tangan di atas gelas tangki.

Cara agar ikan cupang berumur panjang

Perawatan yang baik dan pola makan yang sehat dapat memperpanjang umur ikan cupang Anda. Tetapi jangan memberinya makan berlebihan, karena terlalu banyak makanan dapat menyebabkan penyakit hati berlemak (lipidosis hati), yang dapat mempersingkat masa hidup ikan cupang.

Selain itu, kamu juga harus menjaga kebersihan air dengan sering mengganti air terutama jika ikan cupang diletakkan di wadah yang kecil tanpa aerasi.

Latihan telah terbukti meningkatkan masa hidup ikan cupang, jadi aliran air yang lembut melalui tangki untuk memberikan perlawanan saat berenang akan membuat ikan cupang tetap fit, tetapi alirannya tidak boleh terlalu berlebihan yang justru bisa menyebabkan ikan cupang keluar dari wadahnya.

Meski begitu, jarang sekali cupang bisa hidup lebih dari lima tahun. Jadi, jika ikan hanya hidup satu atau dua tahun setelah kamu membelinya, jangan berasumsi bahwa kamu adalah pemilik hewan yang buruk. Itu umur yang sangat normal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com