Kompas.com - 27/03/2021, 12:19 WIB
Betta (ikan cupang) bisa jadi salah satu ikan yang menghiasi akuarium aquascape. PIXABAY/IVABALKBetta (ikan cupang) bisa jadi salah satu ikan yang menghiasi akuarium aquascape.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perut kembung adalah satu dari sekian masalah kesehatan atau penyakit yang bisa dialami oleh ikan cupang, sehingga ikan cupang milikmu berisiko mengalaminya.

Terlalu banyak makan, sembelit, pakan ikan cupang yang kurang steril dan mengandung bakteri adalah sebagian hal yang menyebabkan perut ikan cupang kembung.

Ketika ikan cupang milikmu mengalami perut kembung, kamu harus segera bertindak untuk mengatasi dan mengobatinya, agar tidak berdampak lebih buruk.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Menyebabkan Perut Ikan Cupang Kembung

Jika kamu bingung bagaimana cara mengatasi ikan cupang yang mengalami perut kembung, ada beberapa hal sederhana yang perlu kamu praktikkan, seperti yang dilihat dari channel Youtube Ikan Cupang Channel, Sabtu (27/3/2021).

1. Segera pindahkan ikan cupang ke akuarium khusus

Ketika kamu melihat ikan cupangmu perutnya tampak kembung menonjol, kamu harus segera memindahkannya ke akuarium khusus untuk mengarantinakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Gunakan air bersih yang diendapkan

Pada akuarium khusus untuk ikan cupang yang perutnya kembung, kamu perlu menggunakan air bersih yang benar-benar steril dan sudah diendapkan. Pastikan air ikan cupang tidak terlalu tinggi. 

Baca juga: Tips Menciptakan Lingkungan Hidup untuk Ikan Cupang agar Panjang Umur

Hal tersebut berfungsi agar ikan cupang yang mengalami perut kembung tidak berada terlalu tinggi saat mengapung, sehingga tidak kesulitan untuk ke dasar air.

3. Masukkan daun ketapang ke dalam akuarium

Selanjutnya masukkan daun ketapang yang sudah benar-benar kering ke dalam air di akuarium khusus. Diamkan ikan cupang sampai dia bisa mengeluarkan kotorannya.

4. Puasakan atau jangan beri makan ikan

Puasakan atau jangan beri makan ikan cupang milikmu yang mengalami perut kembung selama 1 hari lebih, itu berguna agar pencernaanya fokus mengeluarkan kotoran di perut ikan cupang.

Apabila ikan cupangmu sudah bisa buang kotoran, perutnya otomatis mengecil lagi dan mereka akan lekas pulih dan normal kembali.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X