Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Membuat Alat Elektronik Rumah Tangga Tetap Awet

Kompas.com - 30/03/2021, 09:12 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat kamu membeli alat elektronik rumah tangga, kamu ingin membuatnya tetap awet dan tahan lama. Apalagi jika perkakas itu sangat diandalkah, kamu tentu tak ingin alat itu rusak dan membuatmu kerepotan saat melakukan pekerjaan rumah tangga.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat alat elektronikmu lebih awet. Berikut beberapa di antaranya.

1. Bersihkan setiap bulan

Salah satu hal terbaik yang bisa kamua lakukan adalah membersihkan setiap peralatan.

 

Baca juga: 4 Alat Elektronik yang Sering Menjadi Tempat Debu Menumpuk

“(Tampaknya) Baik-baik saja, hal terbaik adalah membersihkan unit setiap bulan,” ujar Jeff Neal, manajer proyek Capital Coating, seperti dilansir dari Reader's Digest, Selasa (30/3/2021).

“Gemuk, kotoran, serpihan, arang, dan kontaminan lainnya menumpuk di atas peralatan. Dan penumpukan itu, seiring waktu, akan memakan dan merusak substrat logam, menghancurkan peralatan. Kebanyakan pemilik rumah hanya membutuhkan degreaser dan sikat bulu yang kaku,” imbuhnya.

2. Tidak menggunakan secara berlebihan

Terkadang cara termudah untuk memperpanjang umur peralatan adalah dengan mematikannya.

“Sesuatu yang umum dilakukan banyak orang adalah membiarkan AC mereka menyala meskipun mereka tidak di rumah,” terang Albert Lee, pendiri Home Living Lab.

Baca juga: 7 Perangkat Elektronik yang Tak Boleh Dicolok ke Stop Kontak Kabel

Sehingga saat kembali ke rumah, ruangan sudah sejuk dan nyaman. Kebiasaan ini mungkin tidak akan langsung merusak, namun nantinya, hal ini akan membuat alat elektronik menjadi cepat aus.

Untuk itu, gunakanlah alat elektronik rumah tangga seperlunya.

3. Gunakan program pengatur waktu

Jika alat elektronikmu dilengkapi dengan pengatur waktu, atur dan lakukan pemograman waktu, sehingga saat kamu bisa mengatur kapan alat harus menyala walau kamu sedang tak berada di rumah.

“Sebuah fungsi yang sering diabaikan tetapi sangat berguna adalah pengatur waktu yang dapat diprogram,” kata Lee.

“Kebanyakan AC sekarang memiliki ini dan pemilik rumah dapat menggunakannya untuk menyalakan AC sebelum mereka pulang. Beberapa model yang lebih baru bahkan memiliki akses jarak jauh dan dapat diaktifkan melalui Wi-Fi menggunakan ponsel. Tidak ada alasan untuk membiarkan AC menyala saat sedang pergi sekarang,” lanjutnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com