Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harus Tahu, Begini Cara Membersihkan Kloset hingga Bersih

Kompas.com - 29/03/2021, 19:16 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset yang bersih lebih dari sekadar kemewahan, itu adalah kebutuhan dasar bagi seseorang, mengingat perlengkapan kamar mandi ini sangat sering terpapar urine atau fases.

Oleh karena itu, kloset harus bersih dengan sempurna. Yang dibutuhkan hanyalah pembersih kloset, sikat yang bagus, beberapa disinfektan, pembersihan yang tepat dan beberapa waktu yang kamu miliki.

Karena menyimpan begitu banyak kuman dan bakteri, membersihkan kloset dengan sempurna itu penting. Pembersihan harus menyeluruh, karena masih ada banyak celah kecil di mana kuman dan bakteri bisa tinggal dengan sekuat tenaga.

Baca juga: Tak Hanya Tisu dan Pembalut, Jangan Buang 13 Benda Ini ke Dalam Kloset

Terkadang bakteri dan kuman kerap berada di sikat kloset, di bawah tepi kloset, di belakang kloset itu sendiri dan bahkan di dudukan kloset.

Dilansir beberapa sumber, Senin (29/3/2021), berikut ini tips untuk membersihkan kloset dengan benar dan sempurna, sehingga menghasilkan toilet yang sedikit kuman.

Semprotkan disinfektan

Semprotkan sedikit disinfektan dan biarkan semalaman, karena kotoran sangat keras dan tidak mudah dihilangkan dengan mudah.

Cara lainnya, kamu dapat merendam tisu dengan disinfektan atau larutan pembersih, pegang salah satu ujung tisu dengan kedua tangan, bungkus tisu di sekitar permukaan kloset, serap dengan handuk atau bersihkan dengan benang.

Baca juga: Hilangkan Noda Berkerak di Kloset dengan Bahan Ini

Ulangi hal ini sampai kloset bersinar dengan sempurna, lalu gosok dengan kain kering.

Lingkaran dan pinggiran kloset menumpuk banyak kotoran di bawahnya, dan sangat sulit untuk dibersihkan.

Jadi, dua cara pembersihan dengan menggunakan disinfektan yang dijelaskan di atas wajib dilakukan. Setelah melakukannya, percayalah bahwa kamu telah melakukan apa yang perlu dilakukan untuk kloset bersih.

Tetapi jika pinggiran toilet tidak dibersihkan dengan baik, itu menjadi tempat berkembang biak bakteri dan kuman dan mereka bisa sangat-sangat berbahaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com