Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Toilet, Ini 6 Benda Paling Kotor di Kamar Mandi

Kompas.com - 25/03/2021, 07:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti yang diketahui, jika kamar mandi merupakan tempat paling lembap di antara area rumah lainnya.

Kelembaban yang ada di kamar mandi menjadi tempat yang sempurna bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

Meskipun terlihat semua benda di dalam kamar mandi tidak kotor karena sering dibersihkan, namum dilansir dari Reader's Digest, Kamis (25/3/2021), ada beberapa benda di dalam kamar mandi yang paling kotor dan memiliki banyak kuman di dalamnya.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Kamar Mandi Berdasarkan Feng Shui yang Baik

Apa saja? Berikut beberapa benda yang memiliki kuman terbanyak di dalam kamar mandi:

1. Lantai

Lantai kamar mandi bisa menampung lebih banyak kuman daripada area lain di kamar mandi. Hal ini dikarenakan lantai bersentuhan dengan bakteri yang sama karena setiap siraman melepaskan bakteri ke udara.

Untungnya, mudah untuk menahan semprotan hanya dengan menutup tutupnya sebelum Anda menyiramnya, katanya.

2. Sikat gigi

Jika lantai paling kotor, sikat gigi Anda adalah hotspot terbesar kedua bagi kuman di kamar mandi Anda. Sikat gigi Anda menyerap bakteri tidak hanya dari mulut, tetapi di mana pun Anda meletakkannya.

Misalnya, Anda meletakkanya di atas wastafel, dan itu bisa mentransfer bakteri, begitu juga toilet jika Anda tidak menutup tutupnya sebelum menyiram bakteri akan menyebar ke udara.

Baca juga: Cara Membersihkan Saluran Kamar Mandi yang Tersumbat

3. Tempat sikat gigi

Sikat gigi Anda tidak menahan kumannya sendiri. Sebuah studi dari organisasi kesehatan masyarakat NSF International menemukan bahwa 64 persen pemegang sikat gigi mengandung jamur dan ragi, dibandingkan dengan 27 persen dudukan toilet.

Mereka juga jauh lebih mungkin mengandung coliform atau staph, menurut penelitian. Anda memasukkan sikat Anda, yang lembap atau basah, dan sisa air itu menetes ke bawah dan terkumpul di dasar cangkir.

Kuman cenderung menyukai lingkungan yang hangat dan lembap.

4. Gagang keran

Pegangan wastafel mengandung lebih dari 600 kali lebih banyak mikroorganisme per inci persegi daripada pegangan toilet. Anda mungkin mengelap flusher setiap kali membersihkan toilet, tetapi gagang wastafel adalah tempat yang sering terlewat saat kegiatan pembersihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com