Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2021, 17:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama merupakan salah satu faktor penyebab tanaman tumbuh tidak subur hingga mati.

Berbagai hama harus diatasi sebelum mereka merusak seluruh tanaman dan berakibat fatal, salah satu hama yang dapat merusak tanaman adala cutworm atau ulat tanah. Ulat tanah adalah gangguan yang sering ditemukan di dalam taman.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (23/2/2021), ulat tanah menghancurkan bibit yang sehat hanya dalam hitungan jam saja, mereka menguyah batang di garis tanah.

Baca juga: Catat, 12 Hal di Rumah yang Disukai Hama Pengganggu

Jika ulat tanah menyerang bibit tanaman, sedikit pencegahan dapat menyelamatkan dari kematian tanaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana seperti gulungan kertas tisu toilet.

Bagaimana cara mengaplikasikannya? Berikut ulasannya.

Gulungan tisu toilet

Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan kertas toilet dengan cara memotongnya menjadi dua hingga tiga inci.

Saat Anda menanam bibit, letakkan bagian gulungan tisu toilet di sekitar setiap tanaman, kemudian dorong setidaknya setengah inci ke dalam permukaan tanah, sehingga gulungan tabung tisu toiletnya dalam keadaan berdiri.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Serangga Orek-orek pada Daun Tanaman

Tabung akan melindungi bibit Anda dari ulat tanah dan akan hancur dalam beberapa minggu di taman sehingga Anda tidak perlu membersihkannya. Pada saat mereka mulai membusuk, bibit Anda akan terlalu besar untuk dimakan oleh ulat tanah tersebut.

Aktif selama musim panas

Ulat tanah aktif selama musim panas, biasanya mereka akan menyerang tanaman seledri, dan paprika. Populasi mereka dapat bervariasi dan dapat merusak taman jika jumlahnya terlalu banyak.

Akibat mereka memakan bibit, hal itu dapat menyebabkan beberapa tanaman jatuh ke dalam liangnya. Selain itu, spesies ulat tanah pemanjat bisa masuk ke tanaman merambat dan semak untuk memakan tunas, buah, dan daun. Spesies lain hanya tinggal di tanah dan makan di sana.

Cara terbaik untuk melindungi taman Anda dari ulat tanah selain menggunakan gulungan kertas toilet adalah dengan memeriksa kebun Anda secara teratur.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com