Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2021, 08:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti pakaian lainnya, seprai memiliki dimensi yang lebih lebar dan lebih berat.

Untuk itu, pencuciannya pun berbeda dengan pakaian pada umumnya. Jika biasanya pakaian dicuci bersamaan dengan pakaian lainnya di dalam mesin cuci, berbeda dengan seprai. Sebab, jika seprai dicuci bersamaan dengan pakaian lainnya, seprai tidak akan bersih.

Dilansir dari Good Housekeeping, Minggu (14/3/2021), ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci seprai dan mengakibatkan seprai tidak bersih.

Baca juga: Seberapa Sering Sebaiknya Seprai Dicuci?

Mesin Cuci Kelebihan Beban

Mesin cuci yang memiliki kapasitas besar mungkin dapat menampung pakaian dengan jumlah besar, namun Anda tidak boleh memasukkan ke dalam semuanya.

Hal ini akan mengakibatkan seprai tidak terlalu bersih, dan menyebabkan lilitan dengan pakaian lainnya.

Menggunakan Pengaturan yang Salah

Memilih siklus yang berat tidak diperlukan kecuali seprai Anda sangat kotor. Tidak masalah untuk mencuci seprai pada siklus normal, biasa, atau warna, mereka akan tetap bersih.

Opsi ini lebih lembut dan lebih pendek daripada tugas berat dan (tergantung pada mesin) akan mendinginkan air secara bertahap untuk mengurangi kerutan.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Seprai

Mengeringkannya Terlalu Lama

Seprai mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering daripada pakaian biasa, tetapi membiarkan seprai di pengering lebih lama dapat menyebabkannya menyusut.

Pengeringan yang berlebihan pasti menjadi masalah. Yang terbaik adalah mengeringkannya dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Mengeringkan Seprai dengan Handuk

Tidak semua linen dibuat sama, jadi sebaiknya pisahkan muatan yang berbeda untuk menghindari masalah pengeringan yang berlebihan.

Seprai lebih cepat kering daripada handuk, jadi bila seprai sudah kering kemungkinan besar handuk masih basah. Jika Anda ingin menggabungkan beban, mungkin tidak apa-apa untuk memasukkan beberapa kain katun ringan dengan seprai, tetapi handuk bermasalah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com