Kompas.com - 16/02/2021, 13:32 WIB
Ilustrasi seprai. PIXABAY/ERIKA WITTLIEBIlustrasi seprai.

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidur di seprai yang bersih dan baru dicuci akan membuatmu merasa nyaman. Selain itu, seprai yang bersih juga bisa membuat tidurmu lebih nyenyak dan sehat.

Namun, untuk mendapatkannya, kamu perlu sedikit usaha. Carolyn Forte dari Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, seperti dikutip dari Good Housekeeping, Selasa (16/2/2021), membagikan nasihatnya tentang cara mencuci seprai dan seberapa sering itu harus dibersihkan.

Cara mencuci seprai

Seprai tidak bisa dipakai seperti celana pendek atau celana olahraga, tetapi kamu menghabiskan banyak waktu di atasnya dan malam demi malam, kuman, keringat, dan minyak tubuh menumpuk dengan cepat.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Seprai

"Jika tidak ada noda, tidak perlu perawatan awal seprai," kata Forte.

"Tapi sebaiknya periksa sarung bantal untuk mencari sisa riasan. Penghilang noda sebelum mencuci dapat membantu menghilangkan noda. Lalu tambahkan deterjen,” imbuhnya.

Beberapa mesin cuci baru memiliki siklus khusus hanya untuk mencuci seprai. Tetapi jika mesin cucimu tak memilikinya tidak, pilih siklus "normal" atau "biasa" daripada pilihan untuk kain yang berat.

"Seprai tidak membutuhkan agitasi berlebihan untuk menjadi bersih, dan siklus kerja yang berat dapat menyebabkan kekusutan dan kerutan," kata Forte.

Baca juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Sering Mencuci Seprai

Untuk meningkatkan pembersihan, tingkatkan suhu air. Pilih siklus pembersihan yang menggunakan air terpanas yang aman untuk kain seprai, namun sebelumnya, periksalah label perawatan.

"Semakin panas airnya, semakin banyak kuman yang kamu bunuh," sebut Forte.

Setelah selesai, lipat dan simpan seprai hingga siap meletakkannya di tempat tidur.

Seberapa sering kamu harus mencuci seprai

Seprai dapat menumpuk begitu banyak hal yang tidak dapat kamu lihat dengan mata telanjang, seperti sel kulit mati, tungau debu, kuman, bahkan kotoran dan harus dicuci secara teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.