Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Dekorasi dengan Tanaman, Jadi Lebih Asri dan Segar

Kompas.com - 11/04/2021, 11:58 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Renonation

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika kamu sedang menggemari tanaman hias dalam ruangan, kamu bisa menatanya dengan apik, agar bisa sesuai dengan desain rumah milikmu.

Tanaman diketahui memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mampu menenangkan jiwa, tanaman juga dapat mengangkat suasana hati kami dan memurnikan udara.

Menariknya, tanaman bisa digabungkan dengan desain ruangan yang akan membuat hunian tampak asri dan segar.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Indoor yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Inilah beberapa tips untuk membantumu mulai mendekorasi ruangan dengan tanaman kesayanganmu, seperti dilansir dari Renonation, Minggu (11/4/2021).

1. Hiasi sudut kosong

Sudut ruangan terlihat sedikit kosong? Isi dengan tanaman hias daripada membiarkannya tetap kosong dan tampak membosankan. 

Ini adalah tempat yang bagus untuk tanaman yang besar, jadi pilihlah tanaman lantai yang memiliki daun besar dan rimbun yang membuat pernyataan visual.

Jangan memilih yang terlalu tinggi jika furniturmu terlalu rendah, karena ini bida membuat ruangan menjadi tidak seimbang secara visual.

Baca juga: Bisakah Tanaman Herbal dan Tanaman Hias Hidup Tanpa Tanah?

Nurul Anisyah dari Noah Garden Center merekomendasikan Fig dan Monstera deliciosa. Mereka adalah tanaman yang sangat trendi dengan daun besar yang dapat membuat dampak visual yang besar.

Namun, jika kamu memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, ada baiknya untuk tidak memilih tanaman ini karena daunnya beracun. Pilihan lainnya adalah kelapa kuning, yang sangat bagus untuk sudut yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari karena tanaman tidak membutuhkan banyak hal.

Untuk memeriksa apakah tanaman perlu disiram, celupkan jari sekitar 3 cm ke dalam tanah untuk melihat apakah itu basah. Jika kering, segera siram sampai air keluar ke drainase pot.

2. Gunakan bangku, troli atau rak

Kamu bisa menambahkan beberapa tanaman dan menempatkannya di bangku, troli atau rak. Ini tidak hanya membantu meningkatkan tanaman ke tingkat yang lebih tinggi (untuk penyiraman yang lebih mudah), namun juga akan menambah pemandangan secara visual agar lebih menarik. Kamu bisa membeli troli dengan kastor atau rak yang sesuai dengan desain ruanganmu untuk menempatkan tanaman.

Halaman:
Sumber Renonation
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com