Kompas.com - 12/04/2021, 10:42 WIB
Ilustrasi kucing tidur. PIXABAY/PHOTOSFORYOUIlustrasi kucing tidur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku kucing selalu menarik untuk diperhatikan. Salah satunya adalah alasan kenapa kucing tidur terus, atau kenapa kucing sering tidur.

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ketahui dulu berapa lama kucing tidur dalam sehari. Dikutip dari Catster, Senin (12/4/2021), kucing dapat tidur selama 16 jam sehari, sementara kucing tua bisa 20 jam sehari.

Kebiasaan tidur tersebut merupakan hasil evolusi, kebiasaan nutrisi, dan fisiologi kucing. Di alam liar, kucing harus berburu untuk makan, dan mengintai, mengejar, dan membunuh mangsa membakar banyak energi.

Baca juga: Ini Tanda Kucing Betina Sedang Berahi

Tidur membantu kucing menghemat energi di antara waktu makan.

Dari waktu yang dihabiskan kucing untuk tidur, sekitar tiga perempatnya adalah yang kita sebut tidur siang. Dalam keadaan itu, kucing bisa mendapatkan semua istirahat yang mereka butuhkan, tetapi masih cukup waspada untuk bangun pada saat itu juga.

Anda dapat mengetahui saat kucing dalam tidur ringan karena telinganya akan bergerak-gerak dan berputar ke arah kebisingan dan matanya akan sedikit terbuka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan saat mereka duduk tegak, kucing dapat masuk ke mode tertidur itu.

Baca juga: Mengapa Kucing Selalu Lapar? Ini 5 Alasannya

Seperempat jam tidur kucing yang tersisa dihabiskan untuk tidur nyenyak, tetapi kucing yang lebih tua mungkin menghabiskan sebanyak 30 persen atau 40 persen waktunya pada level itu. Kucing yang tidur nyenyak biasanya meringkuk dengan mata tertutup rapat.

Kadang-kadang, mereka bahkan mungkin memiliki ekor di atas wajah mereka, seperti masker tidur yang lembut. Tidur nyenyak sangat penting untuk kemampuan tubuh meregenerasi dirinya sendiri dan tetap sehat.

Ini juga saat kucing Anda bermimpi. Jika Anda pernah melihat kumis atau cakar kucing bergerak-gerak saat dia tidur, ada kemungkinan dia sedang bermimpi.

Kucing pun bisa mendengkur saat tidur. Kucing mendengkur ketika saluran napas terhalang oleh kulit ekstra dari langit-langit lunak.

Halaman:


Sumber Catster
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X