Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2021, 10:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua masalah tanaman disebabkan oleh hama atau penyakit. Terkadang tanaman yang tidak sehat menderita kekurangan atau kelebihan nutrisi, yang berarti terlalu banyak nutrisi.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (28/3/2021), kekurangan unsur hara tanaman sering kali bermanifestasi sebagai perubahan warna atau distorsi pada daun dan batang.

Sayangnya, banyak masalah memiliki gejala yang serupa dan terkadang merupakan kombinasi dari berbagai masalah seperti penyakit dan serangga, sehingga menangganinya tidak tepat.

Baca juga: Mengapa Tanaman Lidah Buaya Layu? Kenali Penyebabnya

Sebelum Anda mencoba mengatasi masalah pada tanaman dengan terlalu banyak memberikan suplemen dan membunuhnya, pastikan Anda menemukan penyebab yang jelas terlebih dahulu.

Periksa Penyebab Utama

Perubahan warna dedaunan dan tanaman kerdil dapat dengan mudah disebabkan oleh tanah yang terlalu basah dan drainasenya buruk atau tanah yang terlalu padat untuk pertumbuhan akar yang baik.

Selain itu, dingin atau panas yang ekstrim juga akan memperlambat pertumbuhan tanaman dan mempengaruhi pembungaan dan pembentukan buah.

Kemudian terlalu banyak pupuk dapat menyebabkan kerusakan garam. Sehingga menjadikan tanaman terlihat hangus atau layu, bahkan saat tanahnya basah.

Baca juga: Kenapa Bunga Lavender Layu? Ternyata Ini Penyebabnya

Nutrisi Apa yang Dibutuhkan Tanaman?

Tanaman membutuhkan campuran nutrisi agar tetap sehat. Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah relatif banyak disebut unsur hara makronutrien.

Makronutrien tumbuhan termasuk nitrogen, kalium, fosfor, kalsium, belerang, dan magnesium. Sementara itu, ada beberapa nutrisi tambahan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih kecil.

Mikronutrien ini termasuk boron, tembaga, besi, mangan, molibdenum, dan seng.

Semua nutrisi ini diserap melalui akar. Air mentransfer unsur hara dari tanah ke akar tanaman, sehingga air merupakan salah satu kunci kebutuhan hara tanaman yang cukup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com