Kompas.com - 28/03/2021, 09:26 WIB
Ilustrasi pupuk organik. SHUTTERSTOCK/SINGKHAMIlustrasi pupuk organik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti halnya manusia, tanaman membutuhkan sekumpulan nutrisi penting untuk tumbuh dengan baik dan tetap sehat.

Semua tanaman membutuhkan nitrogen, fosfor, dan kalium khususnya, yang dikenal sebagai makronutrien karena tanaman paling membutuhkannya.

Seperti yang dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (28/3/2021), tanpa cukup makronutrien ini, batang tanaman akan lemah, daun lebih kecil, bunga lebih sedikit, dan warnanya pun tidak cerah.

 

Baca juga: Gunakan Kedua Pupuk Ini untuk Membuat Cabai Berbuah Lebat

Kabar baiknya adalah Anda dapat memperbaiki sebagian besar kekurangan unsur hara dengan menambahkan sedikit pupuk.

Cara terbaik untuk memberi makan tanaman Anda bergantung pada apakah mereka tumbuh di kebun Anda atau di dalam wadah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbagai Faktor

Tanaman bisa mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dari tanah kebun, tetapi itu tidak selalu terjadi. Faktor-faktor seperti wilayah dan apa yang telah tumbuh di tanah dapat memengaruhi tingkat nutrisi.

Sekalipun Anda memiliki tanah yang subur, lama-kelamaan tanaman Anda dapat menggunakan semua nutrisi yang tersedia.

Baca juga: Pupuk yang Paling Ampuh untuk Aglonema agar Cepat Beranak dan Subur

Namun, sebelum Anda memberikan pupuk pada tanaman, perlu mengetahui situasi nutrisi tanaman saat ini.

Titik awal terbaik untuk melihat tanaman membutuhkan pupuk atau tidak adalah dengan menguji tanah apakah dalam keadaan sehat atau tidak. Hal ini dilakukan agar pemupukan efektif dan tidak terbuang secara percuma.

Menambahkan kompos, mulsa, dan bahan organik lainnya ke tanah Anda membantu membuatnya lebih kaya, tetapi mungkin tidak memberikan nutrisi yang cukup cepat untuk semua yang Anda tanam. Itu karena bahan organik harus sedikit terurai dari waktu ke waktu sebelum tanaman dapat menggunakan nutrisi di dalamnya.

Anda dapat melengkapi nutrisi yang dilepaskan perlahan ini dengan nutrisi yang tersedia segera dari pupuk. Gunakan produk cair atau butiran dengan jumlah yang seimbang dari tiga nutrisi utama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X