Kompas.com - 27/03/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi kamar tidur yang dihiasi poster. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar tidur yang dihiasi poster.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kamar menjadi tempat di penghujung hari dimana kamu akan melepas lelah. Untuk itu kamar harus didesain sedemikian rupa agar bisa membantumu tidur nyenyak di malam hari.

Tak peduli seberapa besarnya kamar, jika kamu mendesainnya dengan apik, kamar akan menjadi nyaman.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba agar desain kamar bisa membantumu tidur nyenyak seperti dilansir dari Times of India, Sabtu (27/3/2021).

Baca juga: Alasan Karpet Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

1. Warna

Warna memainkan peran besar dalam suasana ruangan. Untuk kamar tidur, sebaiknya kamu memilih warna yang lembut. Warna-warna netral juga bisa digunakan.

Kamar tidur bukanlah tempat di mana bisa bereksperimen dengan warna-warna cerah yang mencolok dan pola yang keras di dindingnya.

Kamu bisa mengkombinasikan warna putih dan warna-warna pastel untuk membuat kamar menjadi lebih nyaman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Wall panel

Wall panel atau panel dinding adalah lembaran papan yang mempunyai corak atau motif serta bertekstur yang biasa diletakkan pada dinding.

Baca juga: Menurut Pakar, Begini Cara Menata Kamar Tidur Sempit

Panel dinding adalah pilihan yang biasa diterapkan di banyak rumah modern. Panel dinding juga bisa diletakkan di kamar tidur sebagai aksen agar dinding tak terasa terlalu polos.

Meskipun tampilan dan nuansa wall panel yang lembut menyenangkan, ubin ini juga menyerap suara-suara dari luar, membuat ruangan menjadi tenang, terhindar dari suara-suara bising dan cocok untuk tidur.

3. Lantai

Lantai adalah aspek lain yang perlu diperhatikan di kamar tidur. Karena kamu paling sering berjalan tanpa alas kaki di kamar tidur, pilihlah karpet yang lembut.

Karpet lantai akan membantu membuat ruangan lebih tenang dan menghindari perasaan tidak nyaman saat kaki menyentuh lantai yang dingin ketika kamu bangun dari tempat tidur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X