Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Warna Cat Dinding Kamar Tidur yang Sebaiknya Dihindari

Kompas.com - 20/03/2021, 09:07 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan warna cat untuk kamar tidurmu adalah tugas yang sangat penting. Warna tidak hanya berkontribusi pada desain ruangan secara keseluruhan, tetapi juga memengaruhi suasana hati dan emosimu.

Selain itu, pilihan warna di kamar tidurmu sangat memengaruhi ketenanganmu dan seberapa baik kamu beristirahat di malam hari.

Kebanyakan orang ingin warna kamar tidurnya terasa intim dan mencerminkan siapa mereka sebenarnya. Sayangnya, terkadang mereka malah memasukkan warna yang tidak dianjurkan pada ruang kamar.

Baca juga: Desain Kamar Tidur Ini Akan Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Pastikan kamar tidurmu adalah tempat istirahat dan relaksasi dengan menghindari warna-warna yang tidak disarankan.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (20/3/2021), berikut ini warna-warna cat yang sebaiknya tidak kamu pilih untuk mewarnai dinding kamar tidurmu.

1. Hitam

Selain hanya menggelapkan ruangan, warna seperti hitam akan menciptakan ilusi bahwa ruangan terlihat lebih kecil dari yang sebenarnya.

Meskipun nuansa kegelapan membantumu mudah tertidur di malam hari, hal itu akan menghambat kemampuanmu untuk bangun di pagi hari. Secara psikologis, kegelapan justru akan malah menurunkan energimu.

Baca juga: 10 Hal di Kamar Tidur yang Memicu Penyakit

2. Merah

Merah adalah warna yang mencolok yang meningkatkan tingkat energi dalam ruangan, menimbulkan perasaan senang, bersemangat, atau marah.

Emosi yang meradang ini dapat mengaktifkan pikiran terlalu banyak sebelum waktu tidur, dan kamu mungkin kesulitan untuk tertidur.

Warna merah sering digunakan dalam pemasaran karena merangsang indera, dan ini bukanlah sesuatu yang kamu inginkan ketika mencoba untuk tertidur.

Jika kamu benar-benar menginginkan kamar tidur bernuansa merah, pilihlah warna yang lembut dan teduh daripada yang cerah atau terang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com