Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamar Tidur Tak Nyaman? Ini 8 Kesalahan Dekorasi yang Harus Dihindari

Kompas.com - 09/03/2021, 15:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun terlihat mudah, namun ternyata mendekorasi kamar tidur yang nyaman harus mempertimbangkan segala hal, mulai dari hal yang paling kecil seperti meletakkan jumlah bantal dan guling hingga peletakkan tempat tidur.

Dilansir dari Insider, Selasa (9/3/2021), ada beberapa kesalahan terbesar yang dilakukan beberapa orang saat mendekorasi kamar tidur sehingga terasa tidak nyaman, sebagai berikut:

1. Nakas terlalu tinggi atau rendah

Sara Ray, pemilik biro Desain Interior Sara Ray di Nashville, Tennessee, AS mengatakan bahwa memiliki meja samping tempat tidur atau nakas dengan ukuran dan tinggi yang pas merupakan kebutuhan mutlak.

Baca juga: 5 Tips Menghadirkan Suasana Ceria ke Kamar Tidur

"Jika mejanya terlalu tinggi atau pendek, akan terasa canggung untuk menjangkau barang-barang di atas meja atau menyalakan dan mematikan lampu dari tempat tidur," kata Ray.

Dia juga mengatakan bahwa penting untuk memilih meja tidur dengan "lebar yang besar", menjelaskan bahwa memiliki cukup ruang untuk lampu kecil dan beberapa item penting adalah hal yang berguna.

2. Terlalu banyak bantal

Kesalahan yang sering dilakukan selanjutnya adalah meletakkan terlalu banyak bantal di tempat tidur. Hal ini akan memberikan kesan yang penuh dan berantakan serta akan memakan waktu yang cukup lama untuk membereskannya.

3. Kurang bantal

Di sisi lain, memiliki bantal yang kurang atau terlalu sedikit akan memberikan ketidakseimbangan di tempat tidur. Hal ini juga tidak akan membuat nyaman ketika Anda beristirahat.

 

Baca juga: Ini Alasan Harus Mencuci Sarung Bantal Secara Teratur

Sehingga, letakkan bantal sesuai dengan kebutuhan Anda. Mendapatkan keseimbangan bantal yang sempurna untuk estetika dan fungsi adalah kuncinya.

4. Menggunakan karpet kecil

Menggunakan karpet area yang terlalu kecil bisa membuat ruangan Anda terkesan kurang nyaman, serta mengesankan ruangan yang sempit dan kecil. Usahakan untuk meletakkan karpet yang dapat menampung furnitur di atasnya, setidaknya dua kaki furnitur bisa diletakkan di atas karpet.

Untuk menghindari masalah ini, direkomendasikan untuk mendapatkan karpet yang sedekat mungkin dengan batas ruangan, menyisakan sekitar enam inci di semua sisi, jika ventilasi lantai memungkinkan.

5. Kasur dan headboard tidak seimbang

Ketinggian kasur Anda harus menjadi pertimbangan saat memilih headboard, sebab memiliki kasur yang terlalu pendek untuk headboard bisa membuat headboard tampak mendominasi ranjang di bawahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com