Kompas.com - 28/03/2021, 08:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat kucing bersama dengan kita, mereka sangat suka tidur di pangkuan teman manusianya. Mengapa hal ini terjadi? Berikut penjelasannya.

Bersantai bersama kucing, menjadi salah satu hal yang paling membahagiakan bagi pemilik dan juga si kucing itu sendiri.

Karena, selain baik bagi kucing, hal ini juga mendatangkan manfaat bagi manusia yakni, mampu menghilangkan stres dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Tips Jitu Menenangkan Kucing yang Marah

Ilustrasi kucing duduk di pangkuan.SHUTTERSTOCK/YARUKRASIL Ilustrasi kucing duduk di pangkuan.

Memang tidak semua kucing suka duduk di pangkuan pemiliknya. Namun, beberapa kucing melakukannya setelah sekian lama bersama dengan sahabat manusianya.

Meskipun beberapa ras seperti Ragdoll dikenal sebagai kucing yang suka dipangku, perilaku ini masih tergantung pada kucingnya, dan hanya waktu yang bisa membuat kucing dan majikannya saling terhubung sehingga menimbulkan perilaku ini.

“Semua kucing adalah individu dan itu tergantung pada masing-masing kucing,” kata Marilyn Krieger, Certified Cat Behavior Consultant (CCBC), yang berbasis di Redwood City, California, dan penulis Naughty No More!

Secara umum, kucing mencari beberapa kebutuhan dasar saat mereka duduk di pangkuan manusia. Namun, ada faktor lain yang memengaruhi keputusan kucing untuk duduk di atas pangkuanmu, seperti pakaianmu atau faktor lainnya. 

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Bulu Kucing Berubah Warna

Berikut adalah enam alasan mengapa kucing suka duduk di pangkuan pemiliknya seperti dilansir dari Catster, Minggu (28/3/2021).

1. Karena kamu hangat

“Kucing menyukai kehangatan, dan pangkuan orang pada umumnya hangat,” kata Marilyn.

2. Kucing ingin terhubung denganmu

“Kucing tertarik pada orang yang mereka sukai, dan mereka mencari koneksi dengan orang-orang favorit mereka,” tambah Marilyn.

Terkadang kucing sedang ingin dibelai, karena orang sering kali mengelus kucing di pangkuan mereka.

Membelai mirip dengan cara ibunya memanjakannya saat mereka masih kecil, jadi kebanyakan kucing suka menerima belaian dari orang-orang kesayangannya.

 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Catster
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.