Kompas.com - 25/03/2021, 08:42 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman hias. SHUTTERSTOCK/ZOOM TEAMIlustrasi menyiram tanaman hias.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama cuaca panas, tanaman akan kehilangan air dengan cepat, untuk itu, penyiraman tanaman di cuaca panas harus lebih diperhatikan. Namun, yang harus diingat adalah hindari menyiram tanaman saat cuaca sedang panas karena akan membuatnya layu dan mati.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (25/3/2021), dalam cuaca panas, tanaman akan mencoba mendinginkan daun dan batangnya dengan memindahkan air ke permukaannya.

Meskipun Anda menanam tanaman tahan kekeringan dan tanaman asli yang cocok dengan suhu panas, tindakan pencegahan khusus tetap diperlukan saat suhu naik. Menyiram tanaman bertujuan untuk memastikan akarnya memiliki banyak air.

Baca juga: 4 Kesalahan Menyiram yang Bikin Tanaman Layu

Meskipun penyiraman pagi hari biasanya merupakan cara terbaik, sirami juga tanaman pada malam hari sebelum cuaca panas tiba.

Sirami tanaman dalam sekali atau dua kali setiap minggu. Ukur apakah Anda menyiram tanaman secara dalam atau tidak dengan mengukur kedalaman tanah yang lembab setelah penyiraman.

Tanah yang lembab harus mencapai kedalaman sekitar 1 inci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pagi hari lebih baik

Seperti yang sudah dibahas, menyiram tanaman di pagi hari memang baik, hal ini agar lebih banyak air yang masuk ke tanah daripada menguap di udara panas. Penyiraman pagi hari juga memungkinkan daun, batang, dan bunga mengering dengan cepat, sehingga tidak terlalu rentan terhadap pertumbuhan jamur.

Baca juga: Simak, Cara Menyiram Kaktus yang Benar

Namun yang harus diperhatikan adalah siram tanama dengan perlahan, hal ini untuk membiarkan air meresap ke dalam tanah.

Penyiraman yang dalam juga dapat mendorong sistem akar yang dalam dan dapat melindungi tanaman dari kekeringan dan cuaca panas. Pertimbangkan untuk memasang selang air atau sistem irigasi tetes alih-alih menyiram dengan alat penyiram di atas kepala atau dengan selang.

Kemudian, periksa daun tanaman selama cuaca sangat panas. Saat cuaca panas, ada daun yang layu saat di siang hari, namun jangan khawatir karena keesokan harinya tanaman tersebut akan baik-baik saja jika menerima cukup air.

Namun, jika daun masih terkulai keesokan harinya, berarti tanaman terlalu banyak air atau membutuhkan air.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X