Kompas.com - 12/03/2021, 12:39 WIB
Ilustrasi tanaman kaktus. PIXABAY/ULLEOIlustrasi tanaman kaktus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mendengar tentang tanaman kaktus, biasanya yang terpikir oleh kita adalah tanaman gurun yang kering. Namun, kenyataannya tidak demikian.

Sebab, kaktus berasal dari banyak lingkungan yang berbeda. Memang, tanaman dalam kelompok ini biasanya lebih menyukai tanah yang kering, namun tetap membutuhkan kelembaban.

Nah, seberapa sering Anda perlu menyiram tanaman kaktus? Ada banyak cara menyiram kaktus yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Mengapa Penyiraman Tanaman dari Bawah Lebih Bagus? Ini Penjelasannya

Dilansir dari Gardening Know How, Jumat (12/3/2021), berikut panduan menyiram tanaman kaktus agar tidak mati.

Seberapa sering harus menyiram kaktus?

Tanaman kaktus sebenarnya cukup berair. Pikirkan lidah buaya saat Anda memotongnya dan ada cairan lendir yang ada di dalam daun.

Tanaman kaktus sebenarnya menimbun kelembaban di sel tanaman, sehingga mereka memiliki air selama kondisi kering. Kaktus sangat toleran terhadap pengabaian air, tetapi tanda-tanda tertentu di daun atau batang akan menunjukkan tanaman menjadi stres karena kurangnya kelembaban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengenali tanda-tanda ini, bersama dengan pengetahuan tentang wilayah dan iklim asli tanaman kaktus, dapat membantu menunjukkan waktu terbaik untuk menyiram tanaman kaktus.

Baca juga: Teknik Menyiram Tanaman Cabai yang Tepat agar Subur dan Buahnya Lebat

Ada banyak faktor yang mempengaruhi waktu penyiraman tanaman kaktus. Apakah tanaman di dalam tanah atau di dalam pot?

Kemudian, bagaimana paparan pencahayaan, suhu udara, jenis tanah, ukuran tanaman, paparan angin atau angin dan waktu dalam setahun?

Satu hal yang konstan di antara semua jenis kaktus adalah ketidakmampuannya untuk mentolerir genangan air. Untuk itu, jenis tanah sangat penting.

Tanah yang gembur dan memiliki drainase yang baik sangat penting untuk kesehatan kaktus. Jika tanah cukup keropos, terkadang penyiraman berlebihan tidak terlalu menjadi masalah, karena kelebihan air akan mudah terserap.

Tanah yang padat atau yang mengandung banyak bahan organik cenderung menangkap air dan dapat menyebabkan pembusukan pada akar dan batang bawah kaktus.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.