Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Insektisida Alami agar Tanaman Terhindar dari Serangga

Kompas.com - 24/03/2021, 11:23 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangga dan hama adalah masalah besar untuk tanaman, karena mereka dapat merusak setiap bagian tanaman dan mengakibatkan pembusukan.

Pada proses menanam dan merawat tanaman, serangga atau hama dipastikan kerap muncul, dan itu bukanlah hal yang mengejutkan.

Untungnya, ada cara untuk membersihkan tanama dari hama serangga seperti kutu daun, kutu putih, tungau, dan serangga lain yang menyeramkan dengan menggunakan insektisida alami yang aman tanpa menggunakan bahan kimia.

Baca juga: 3 Cara Membasmi Hama Serangga Agas pada Tanaman Hias Indoor

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu, (24/03/2021), ada beberapa insektisida alami yang mudah dibuat dan diaplikasikan pada tanaman, baik tanaman dalam atau luar ruangan, berikut di antaranya.

1. Air sabun

Untuk membantu tanaman membasmi kutu daun, tungau, dan laba-laba, campurkan 5 sendok makan sabun cuci piring dengan 4 cangkir air dan simpan di dalam botol.

Semprotkan campuran ini ke tanaman. Ini akan mengeringkan kutu daun, tungau dan laba-laba.

2. Gunakan semprotan minyak nimba

Cukup semprotkan minyak nimba ke tanaman yang terdapat hama atau serangga.

Minyak nimba memiliki sifat antijamur yang dapat mencegah kutu daun, tungau, sisik, dan serangga lainnya. Jadi, pengobatan kuno India ini efektif.

Baca juga: Cara Termudah Menjauhkan Hama Semut dan Serangga dari Aglonema

3. Semprotan piretrum

Insektisida alami ini dibuat dari bunga krisan yang dikeringkan. Campur bubuk krisan dengan air dan sabun cuci piring untuk membuat semprotan.

Semprotan piretrum melumpuhkan serangga terbang saat bersentuhan, sehingga banyak perusahaan pengendalian hama menggunakannya untuk mengendalikan nyamuk. Semprotan ini melumpuhkan semua serangga terbang.

4. Bir

Bir dapat digunakan untuk membunuh siput agar tidak merusak akar dan daun tanaman. Kamu juga bisa menggunakan jus anggur atau kulit jeruk untuk mencegahnya.

5. Bawang putih

Aroma bawang putih yang menyengat dapat mengusir serangga. Letakkan satu siung bawang putih ke dalam tanah untuk membasmi serangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com