Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2021, 08:44 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com — Pindah rumah menjadi pekerjaan yang berat. Karena kamu harus mengeluarkan barang dari rumah lama, dan memasukkannya ke rumah baru. Belum lagi jika harus memindahkan furnitur yang besar dan berat.

Sebenarnya banyak jasa yang bisa mengatur dan membantu proses pengepakan dan memindahkan furnitur saat kamu pindah rumah. Namun, untuk menghemat uang, kamu bisa melakukannya sendiri.

Berikut adalah enam tips penting untuk kamu yang akan pindah rumah, seperti dilansir dari Roohome, Rabu (24/3/2021).

Baca juga: Baru Pindah Rumah? Ini Cara Menyesuaikan Furnitur dan Barang Lama

1. Lindungi barang berharga

Saat memindahkan barang berharga milikmu, selalu bungkus dengan bubble wrap, kertas koran atau selimut furnitur. Ini akan melindungi barang dari risiko penyok atau kerusakan yang tidak diinginkan saat pengangkutan.

Selain itu, usahakan untuk menjaga jarak antara benda yang kamu bawa dan lingkungan sekitar untuk mencegah kerusakan.

2. Bongkar

Jika furnitur berat bisa dilipat atau dilepas, pertimbangkan untuk membongkar bagian-bagiannya agar lebih mudah dipindahkan. Jangan pernah memindahkan meja dengan isi dan laci yang masih tertinggal di dalamnya.

Kosongkan rak dan laci agar lebih ringan. Jika kamu tidak dapat melepas laci, rekatkan agar tidak keluar saat membawanya.

Baca juga: Pindah Rumah? Ini Hal yang Harus Dilakukan ke Kucing Peliharaan

3. Dorong, bukan tarik

Lebih mudah mendorong objek daripada menariknya. Jadi, tidak perlu takut mendorong furnitur berat sebelum mengangkatnya. Menarik dapat memberikan tekanan ekstra pada punggung.

Tetapi jika kamu tidak ingin karpet atau lantaimu rusak, pertimbangkan untuk menggunakan bantalan furnitur atau jika memungkinkan, lebih baik mengangkut furnitur daripada mendorongnya.

Atau kamu bisa menyelipkan karpet tua atau keset di bawah furnitur untuk melindungi lantai dari goresan.

4. Gunakan slide

Menggunakan slide furnitur adalah pilihan lain yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa membelinya tersedia secara online dan offline dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Atau, kamu bisa membuat slider sendiri menggunakan seprei, penutup wadah plastik, Frisbee, handuk, selimut, dan sisa karpet. Selalu gunakan slider lembut dengan bantalan untuk lantai keras dan slider plastik keras untuk lantai berkarpet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com