Kompas.com - 23/03/2021, 21:10 WIB
Ilustrasi bunga mawar. PIXABAY/COULEURIlustrasi bunga mawar.

JAKARTA, KOMPAS.com — Mawar adalah salah satu bunga taman yang cantik, tetapi juga terkenal rewel. Jika tidak dirawat, mawar tak akan berbunga dengan lebat.

Padahal sebagai pemilik, kita tentu ingin mawar yang ditanam di halaman rumah kita bisa berbunga baik dan lebat.

Untuk membuatnya berbunga lebat dan cantik, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti, seperti dilansir dari The Spruce, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: 9 Warna Bunga Mawar, Ada Ungu hingga Biru

1. Apa yang kamu butuhkan

Peralatan

  • Sekop
  • Pemangkas

Bahan

  • Pupuk seimbang
  • Mulsa organik
  • Fungisida dan pestisida (sesuai kebutuhan)

2. Siapkan lokasi penanaman

Manjakan mawar dengan menempatkannya di tempat taman yang memiliki drainase dan paparan sinar matahari yang sangat baik. Pilih tempat yang cerah setidaknya selama enam jam setiap hari.

Mawar membutuhkan sinar matahari langsung untuk menghasilkan energi yang diperlukan sgsr bisa berbunga lebat. Penyakit dan hama bisa menyerang mawar yang ditanam di kondisi teduh.

Baca juga: Kenapa Bunga Mawar Merah Identik dengan Hari Valentine? Ini Sejarahnya

Mawar yang tumbuh di tanah yang basah rentan terhadap penyakit jamur dan busuk akar.
Jangan membenamkan rumpun mawar ke dalam lubang yang terlalu dalam dan cukup mengisinya dengan tanah kebun asli.

3. Pilih varietas

Pecinta tanaman sering mencari mawar karena tahan banting dan aromanya yang terkenal. Kamu bisa memilih berdasarkan dimana kamu akan menanamnya. Beberapa mawar tidak bisa hidup di dataran rendah.

Selain itu, kamu bisa memilih jenis mawar berdasarkan aroma, warna yang kamu sukai, ukuran, dan juga bentuk dari mahkota bunganya.

4. Potong mawar

Jika bunga mawar sudah berguguran dan hanya menyisakan pangkal bunganya, kamu bisa memangkas mereka agar bisa berganti dengan pucuk yang baru.

Halaman:


Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X