Kompas.com - 23/03/2021, 20:41 WIB
Ilustrasi oven listrik. SHUTTERSTOCK/VENUS ANGELIlustrasi oven listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi membuat beberapa orang ingin meningkatkan kemampuan memasak mereka dengan membeli oven listrik.

Oven listrik bisa membantu kita menghasilkan makanan-makanan yang lebih beragam dan juga sehat.

Namun, sebelum kamu membeli oven listrik, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti dikutip dari Good Housekeeping UK, Selasa (23/3/2021). 

Baca juga: 7 Rekomendasi Oven Listrik Terbaik 2021, Harga Rp 1 Juta Kurang

1. Apa perbedaan antara oven kompor dan oven listrik?

Oven kompor digunakan dengan meletakkannya di atas kompor. Otomatis, oven ini akan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan bahan bakar yang digunakan oleh kompormu.

Namun, biasanya, oven kompor tidak memiliki fitur-fitu canggih seperti oven listrik.

Sedangkan oven listrik, bisa ditata built ini pada kitchen set milikmu. Atau, bisa diletakkan di meja dapur. Oven listrik biasanya dilengkapi dengan fitur canggih yang akan semakin mempermudah pekerjaanmu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Sebaiknya oven gas atau listrik?

Ini mungkin tergantung pada pilihan bahan bakar yang kamu miliki di rumah. Kebanyakan oven listrik sekarang dioperasikan dengan kipas dan sejauh ini merupakan pilihan jika kamu ingin sesuatu yang praktis.

Baca juga: 4 Tanda Oven Listrik Rusak

Oven listrik sangat cocok untuk rumah tangga sibuk yang menawarkan kenyamanan dan kecepatan, pemanasan awal biasanya tidak diperlukan, memasak lebih cepat dan panas merata.

Oven gas menawarkan lebih banyak fleksibilitas. Bagian atas oven akan lebih panas daripada bagian bawah.

Adapun oven gas, ideal untuk memasak makanan lengkap. Gas adalah bentuk panas yang lebih lembab daripada listrik.

Namun, jika kamu memiliki hobi membuat roti oven gas biasanya lebih disarankan karena membutuhkan tampilan mengkilap di luar dan tekstur lembab di dalam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X