Kompas.com - 14/02/2021, 07:40 WIB
Ilustrasi bunga mawar merah. PIXABAY/HANS BRAXMEIERIlustrasi bunga mawar merah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal 14 Februari diperingati di seluruh dunia sebagai Hari Valentine atau hari kasih sayang. Perayaan ini identik dengan cokelat dan bunga mawar merah yang diberikan kepada pasangan atau orang terkasih.

Bahkan, karena tradisi tersebut, bunga mawar merah kerap kali diidentikkan dengan hari Valentine. Namun, sejak kapan ini terjadi?

Dikutip dari Reader's Digest, Minggu (14/2/2021), tradisi memberikan bunga pada hari Valentine dapat ditarik mundur ke akhir abad ke-17, yakni pada masa pemerintahan Raja Charles II dari Swedia.

Baca juga: 9 Warna Bunga Mawar, Ada Ungu hingga Biru

Dalam perjalanannya ke Persia yang kini adalah Iran, Raja Charles II mengetahui ekspresi seni baru, yakni makna bunga.

Seni ekspresionis ini berfokus pada kemampuan seseorang untuk berkomunikasi menggunakan bunga tanpa mengucapkan sepatah kata pun.

Gaya seni ini berkembang pesat di seluruh Eropa, dengan daftar bunga dan artinya didistribusikan secara luas. Inilah yang dikatakan bunga Hari Valentine tentang hubungan Anda.

Dalam bahasa bunga, memberi seseorang bunga anyelir kuning berarti mereka akan mengecewakan Anda, dan memberi seseorang bunga hyacinth ungu berarti Anda menyesal dan memohon untuk dimaafkan.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Membawa Nuansa Romantis

Adapun mawar merah, seperti yang mungkin sudah Anda duga, diterjemahkan menjadi cinta yang dalam.

Mawar mengambil arti ini karena afiliasinya dengan Aphrodite, dewi cinta. Dalam mitologi Yunani, dikatakan bahwa semak mawar tumbuh dari tanah melalui air mata Aphrodite dan darah kekasihnya, Adonis.

Bangsa Romawi, yang mengubah Aphrodite menjadi dewi Venus, menyimpan mawar sebagai simbol cinta dan kecantikannya. Jadi, saat Hari Valentine menjadi hari yang sekarang dirayakan, mawar adalah pilihan yang jelas untuk kado yang paling pas.

Mawar merah sangat diminati pada tanggal 14 Februari sehingga mungkin sulit untuk mendapatkannya. Jadi, Anda harus mempersiapkannya sebaik mungkin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X