Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2021, 08:34 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika tanaman hias hijau yang sebelumnya subur kemudian daunnya mulai menguning, Anda mungkin mengira itu adalah tanda hama yang menyerang dan dapat mematikan tanaman.

Tapi tunggu, jangan panik, karena perlu diingat bahwa wajar jika daun yang lebih tua di tanaman hias perlahan menguning dan rontok. Ini cara tanaman memberi ruang bagi dedaunan baru.

Namun dilansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (19/3/2021),  jika Anda melihat banyak daun menguning secara tiba-tiba, itu pasti pertanda bahaya.

Baca juga: Mengapa Daun Pothos atau Sirih Gading Menguning? Ini Penyebabnya

 

Perhatikan lebih dekat di mana tepatnya masalah tampaknya terjadi pada tanaman Anda, sebagai berikut.

Daun kuning di bagian bawah tanaman 

Ada tiga kemungkinan alasan dan perawatan. Pertama, jika akar mendorong bagian bawah wadah, itu berarti tanaman telah kehabisan ruangan dan perlu dipindahkan ke wadah yang lebih besar dengan campuran pot tambahan.

Kedua, tanah mungkin rendah nitrogen, nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dengan baik. Daun bagian bawah biasanya yang pertama mulai menguning ketika tanaman tidak memiliki cukup elemen ini.

Seiring waktu, tanaman Anda dapat menggunakan semua nitrogen yang mungkin berasal dari campuran media tanam, jadi mengganti media tanam dengan tanah segar juga dapat membantu mengatasi masalah ini.

Baca juga: Cara Membuat Media Tanam Aglonema yang Steril dari Jamur dan Serangga

Atau, Anda bisa menambahkan pupuk yang tinggi nitrogen. Ketiga, coba pindahkan tanaman Anda ke tempat yang lebih terang untuk melihat apakah lebih banyak cahaya membantu menghijaukan daunnya.

Daun tanaman menguning di ujung batang

Jika semuanya terlihat baik-baik saja kecuali pertumbuhan di ujung batang atau dahan, ini bisa jadi pertanda zat besi rendah. Ya, sama seperti kita, tanaman membutuhkan nutrisi ini agar sehat tetapi hanya dalam jumlah yang sangat sedikit.

Biasanya, satu dosis pupuk tanaman rumahan yang mengandung zat besi (tidak semua mengandung zat besi, jadi pastikan untuk memeriksa labelnya) akan membantu menyelesaikan masalah.

Daun kuning di dekat batang utama 

Jika Anda memiliki tanaman hias bercabang dan memperhatikan bahwa daun yang paling dekat dengan batang tengah adalah yang menguning, Anda mungkin berurusan dengan magnesium atau seng yang rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com