Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2021, 14:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari es atau kulkas dapat menjadi salah satu solusi tempat menyimpan berbagai bahan makanan.

Memiliki temperatur yang bisa mengawetkan bahan makanan, menjadikan kulkas alat elektronik yang ada di beberapa besar rumah.

Kulkas memiliki beberapa area salah satunya freezer yang kerap dijadikan tempat untuk meletakkan daging. Namun, dilansir dari Treehugger, Senin (22/2/2021), meskipun diletakkan di dalam freezer, bahan makanan ini memiliki batas waktu dan dapat kehilangan kualitasnya.

Baca juga: Chest Freezer dan Deep Freezer, Apa Bedanya?

 

Bagaimana cara mengetahui berapa lama daging harus diletakkan di dalam frezzer? Berikut ulasannya.

Daging mentah

Daging giling, kalkun, daging sapi muda, dan domba: Untuk rasa dan tekstur terbaik, daging giling ini paling baik digunakan dalam waktu tiga atau empat bulan setelah dibekukan.

Sementara itu, steak, chops and roasts: potongan daging sapi, lembu, domba ini dapat dibekukan selama enam hingga 12 bulan sebelum kehilangan kualitasnya.

Daging ini mulai kehilangan kualitasnya setelah empat hingga enam bulan dan daging panggang utuh paling baik digunakan dalam empat hingga 12 bulan.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Daging di Dalam Kulkas dengan Benar

Untuk daging unggas utuh dapat menjaga kualitasnya hingga satu tahun; potongan-potongan burung menjaga kualitasnya hingga sembilan bulan.

Untuk kualitas optimal, ikan berlemak (salmon, tuna) harus dikonsumsi dua hingga tiga bulan setelah masa pembekuan. Ikan tanpa lemak (cod, flounder) harus dikonsumsi dalam waktu enam bulan.

Merusak sel

Lantas, bagaimana tanda makanan ini sudah tidak baik dikonsumsi? Menurut Panduan Pembekuan Makanan North Dakota State University.

Pembentukan kristal es kecil selama pembekuan diinginkan. Pembekuan cepat adalah cara paling praktis untuk membentuk kristal es kecil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com