Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Hilangkan Bau Kulkas dengan Baking Soda, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 25/01/2021, 11:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baking soda atau soda kue dikenal sebagai bahan pembersih alami yang ampuh menghilangkan berbagai macam noda dan kotoran membandel. Baking soda pun bekerja efektif pada berbagai permukaan.

Selain menghilangkan noda dan kotoran membandel, baking soda juga mampu menghilangkan bau tidak sedap di rumah. Salah satunya menghilangkan bau kulkas yang kurang enak.

Caranya sangat mudah, Anda cukup meletakkan wadah kecil terbuka yang diisi baking soda di rak kulkas. Baking soda akan bekerja menetralkan bau di dalam kulkas.

Baca juga: Mengapa Kulkas Berbau? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Secara perlahan namun pasti, bau kulkas diyakini bakal hilang. Namun, ternyata cara menghilangkan bau kulkas dengan baking soda tidak disarankan.

Dilansir dari Real Simple, Senin (25/1/2021), menurut Ron Shimek, presiden direktur Mr Appliance, menghilangkan bau kulkas dengan baking soda memang tidak akan merusak kulkas Anda. Namun, ada dampak negatif meletakkan baking soda di dalam kulkas.

"Menambahkan sekotak soda kue terbuka ke dalam lemari es Anda hanya cukup efektif sebagai penghilang bau,” kata Shimek.

Shimek berpandangan, tidak semua bau dari kulkas Anda disebabkan oleh makanan. Bau pada kulkas, seperti misalnya bau busuk, dapat disebabkan oleh campuran bakteri dan jamur rumah tangga.

Baca juga: Manfaat Teh Celup Bekas, Bersihkan Karpet hingga Hilangkan Bau Kulkas

"Baking soda atau natrium bikarbonat hanya berfungsi untuk mengubah struktud molekul asam pada bau dan bukan menghilangkan baunya," ungkap Shimek.

Ketimbang menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau kulkas, ada cara yang lebih ampuh dan aman. Gunakan arang aktif, masukkan ke dalam wadah terbuka dan letakkan di rak kulkas.

"Sekotak arang aktif, yang terbuat dari karbon murni dan menyerap semua molekul organik, akan membantu Anda lebih baik," jelas Shimek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com