Kompas.com - 25/01/2021, 09:28 WIB
Ilustrasi anjing sedang makanan, memberi makan anjing. PEXELS/DARIA SHEVTSOVAIlustrasi anjing sedang makanan, memberi makan anjing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang memelihara anjing pasti tahu, ada kalanya anjing tidak mau makan. Kondisi ini kerap membuat pemilik anjing stres, karena khawatir anjing peliharaan menjadi sakit karena tidak mau makan.

Karena hilangnya nafsu makan pada anjing bisa menjadi tanda penyakit, maka penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan jika Anda memperhatikan adanya perubahan dalam kebiasaan makan anjing Anda. Ini penting, khususnya bila biasanya anjing makan dengan normal.

Dilansir dari WebMD, Senin (25/1/2021), berikut beberapa penyebab anjing tidak mau makan.

Baca juga: Anjing-anjing Menggemaskan Ini Penampilannya Seperti Kain Pel

1. Penyakit

Nafsu makan yang menurun pada anjing sering kali merupakan tanda penyakit. Ini terutama jika anjing Anda menunjukkan gejala lain pada waktu yang bersamaan.

Meskipun kehilangan nafsu makan pada anjing tidak selalu mengindikasikan penyakit serius, namun penting untuk segera konsultasi ke dokter hewan karena ini bisa menjadi tanda penyakit yang signifikan, termasuk kanker, berbagai infeksi sistemik, nyeri, masalah hati, dan gagal ginjal.

2. Penyakit gigi

Anjing Anda mungkin tidak mau makan karena sesuatu di mulutnya menyebabkan rasa sakit. Periksa apakah ada gigi yang patah atau lepas, radang gusi parah, dan bahkan tumor mulut.

Jangan sungkan untuk mengonsultasikan kondisi gigi dan mulut anjing peliharaan Anda dengan dokter hewan.

Baca juga: 7 Makanan yang Tak Boleh Diberikan ke Anjing, Salah Satunya Tulang

3. Vaksinasi

Vaksinasi tersedia untuk banyak penyakit anjing yang serius dan menular. Meskipun telah menyelamatkan nyawa jutaan hewan peliharaan dalam 100 tahun terakhir, vaksinasi terkadang memiliki efek samping.

Sebagian besar efek samping bersifat ringan dan singkat, termasuk hilangnya nafsu makan sementara pada anjing.

4. Bepergian dan lingkungan asing

Jika nafsu makan anjing baik-baik saja sampai Anda pergi jalan-jalan dengannya atau pindah ke lokasi baru, mungkin anjing tidak mau makan karena bepergian atau keadaan sekitarnya yang asing.

Beberapa hewan mungkin mabuk perjalanan, dan yang lainnya menjadi gugup atau tidak nyaman di tempat baru.

Halaman:


Sumber WebMD
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X