Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Menciptakan Ruang Belajar Ideal untuk Anak

Kompas.com - 25/01/2021, 10:15 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika kegiatan belajar-mengajar di sekolah masih harus dilakukan secara online akibat pandemi Covid-19, tidak sedikit orangtua menyajikan ruang belajar khusus untuk anak mereka di rumahnya demi fasilitas belajar yang memadai.

Saat mendesain ruang belajar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat memadukan kenyamanan namun efisien dengan sempurna.

Ruang belajar harus dibuat dengan ideal, yang dimaksudkan untuk menjadikannya nyaman, tenang dan hangat saat ditempati untuk belajar.

Baca juga: Anak Masih Belajar dari Rumah? Perhatikan Ruang Belajarnya

Seharusnya tidak ada elemen yang mengganggu seperti televisi atau tempat tidur, sehingga membantu anak-anakmu menjadi efisien dan fokus saat belajar di sana.

Ruang belajar harus memiliki nuansa yang bersahaja dan elegan, yang dilengkapi dengan papan, baik itu papan tulis atau papan gabus untuk membantu melacak kemajuan dan memudahkan tugas membuat catatan serta pengingat.

Dilansir dari beberapa sumber, Senin (25/1/2021), berikut ini beberapa hal yang wajib dimiliki di ruang belajar ideal agar memiliki ruang yang efisien sekaligus nyaman.

Warna dinding

Warna dinding dan langit-langit di dalam ruangan juga dapat mempengaruhi mood dan tingkat konsentrasi anak. Hijau muda, kuning, dan biru dianggap pilihan warna yang baik untuk merangsang produktivitas.

 

Baca juga: Tips Memilih Meja Belajar untuk Anak

Sementara, nuansa hijau dan kuning lemon menenangkan dan kondusif untuk kewaspadaan mental.

Warna dinding dan langit-langit yang kamu pilih untuk ruang belajar anak di rumah dapat melengkapi hasil akhir yang dipilih untuk lemari khusus yang kamu miliki, sehingga meningkatkan tampilan ruangan.

Pencahayaan alami

Ruang belajar adalah tempat di mana seorang anak harus bisa menjadi produktif dan segar. Untuk memastikan ini, sediakan cahaya alami sebanyak mungkin di dalam ruangan untuk membuatnya hidup.

Jika memungkibkan, buatkan jendela agar sinar matahari bisa masuk ke ruangan. Tambahkan ventilasi udara di atas jendela, agar sirkulasi udara jadi lancar.

Cahaya yang alami dan terang akan membuat anak merasa positif serta waspada saat belajar dan mengerjakan tugasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com