Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Menata Meja Makan di Rumah Layaknya Restoran

Kompas.com - 30/11/2020, 10:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menyajikan makanan terbaik yang mengunggah selera, menata meja makan di rumahmu adalah salah satu bentuk dekorasi yang juga harus diperhatikan, terlebih saat ada jamuan tertentu atau perayaan pesta ulang tahun.

Menata meja makan dengan rapi penting dilakukan agar enak dipandang dan mampu meningkatkan selera makan, serta memudahkan dalam mengambil beragam makanan yang tersaji.

Untuk mengetahui cara menata meja makan di rumahmu secara tertata dan rapi, berikut ini beberapa langkah yang harus kamu lakukan, dikutip dari berbagai sumber, Senin, (30/11/2020).

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Meja Makan

Cara paling mudah agar meja makan tampil berbeda adalah dengan memadukan kursi berbagai bentuk serta warna.

Setelah itu, atur taplak atau table runner, perlengkapan makan, serta makanan di atas meja makan. Berikut ini 5 langkah untuk mengatur meja makanmu dengan cara yang paling sempurna.

Langkah 1

Letakkan taplak piring persis di depan setiap kursi makan, setelah itu taruh piring makan di tengah-tengah taplak. Letakkan serbet di sebelah kiri piring.

Langkah 2

Lipat serbet menjadi dua atau empat bagian, tergantung lebarnya dan letakkan serbet di sisi kiri alas piring. Idealnya bahan serbet harus terbuat dari kain.

Baca juga: 5 Solusi Cerdas jika Rumah Tak Ada Ruang Makan

Setelah itu kamu perlu meletakkan garpu di sebelah kiri piring, baik di atas serbet atau di sebelahnya.

Langkah 3

Letakkan sendok dan pisau di sebelah kanan piring. Pisau seharusnya berada tepat di sebelah piring dan kemudian sendok ditempatkan di sebelah pisau.

Sisi tajam pisau, harus dihadapkan ke arah piring. Arah sendok dan garpu juga mengikuti pisau.

Langkah 4

Gelas air diletakkan di pojok kanan atas meja, dekat pisau. Lalu letakkan sendok teh di sisi kiri pisau. Sendok teh akan digunakan untuk mengaduk kopi atau teh di akhir makan.

Letakkan sendok sup di sisi kanan sendok teh. Letakkan sendok sup, jika kamu akan menyediakan sup, sehingga alat makan ini akan menjadi yang pertama digunakan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com