5 Solusi Cerdas jika Rumah Tak Ada Ruang Makan

Kompas.com - 05/11/2020, 14:17 WIB
Ilustrasi ruang makan. Dok. IKEAIlustrasi ruang makan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan mungkin menjadi bagian dari rumah yang banyak diabaikan seseorang untuk dibuat, khususnya bagi mereka yang memiliki rumah sempit atau apartemen mungil.

Meski begitu, tetap ada ide-ide cemerlang untuk menciptakan tempat khusus makan tersaji tanpa memakan ruangan.

Berikut ini 5 trik menyajikan tempat makan khusus yang dilansir dari House Beautiful, Kamis (5/11/2020).

Baca juga: Ide Dekorasi Rumah Tipe 36/60, Mungil tapi Instagrammable

1. Pakai meja makan lipat di dapur

Di sebuah apartemen kecil di New York City, desainer Danielle Armstrong memasang meja dengan daun meja yang dipasang di dinding di dapurnya untuk menjadi ruang makan yang hemat.

Tak ketinggalan, ia juga meletakkan kursi lipat di dekat meja lipat tersebut.

2. Pasang meja tarik khusus di dapur

Para desainer interior untuk dapur kecil di Swedia memilih menggunakan meja makan berkonsep tarik-masuk selayaknya sebuah laci. Ketika waktu makan tiba, cukup tarik meja makan dan sajikan makanan di sana.

Baca juga: Ingin Bangun Rumah tapi Anggaran Terbatas? Coba Konsep Rumah Tumbuh

3. Cafe corner

Mungkin kamu memiliki keinginan untuk menghadirkan suasan kedai kopi favorit ke dalam rumahmu. Dan inilah saatnya. Tiffany dari blog Offbeat + Inspired tidak memiliki ruang makan sungguhan di apartemen barunya.

Oleh karena itu, ia menambahkan bar kayu ke salah satu jendela ruang tamunya. Kemudian ia juga memilih bangku kuning cerah untuk menemani sudut tempat untuk makan yang nyaman.

4. Ciptakan meja makan tersembunyi

Di sebuah apartemen Paris seluas 86 kaki persegi, sebuah meja makan disandingkan ke dalam lemari penyimpanan. Lemari ini juga dapat disimpan di ruang manapun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X