Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Teh Celup Bekas, Bersihkan Karpet hingga Hilangkan Bau Kulkas

Kompas.com - 12/01/2021, 12:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya dapat menghasilkan minuman yang dapat menenangkan, namun ternyata teh juga memiliki manfaat lainnya setelah dipakai untuk dijadikan minuman.

Dilansir dari The Kitchn, Selasa (12/1/2021), menempelkan kantong teh celup dingin ke kulit dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan mengurangi bengkak di sekitar mata.

Tak hanya itu, teh juga diklaim bisa menjadi pupuk kompos yang bisa menyuburkan tanaman. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan kantong teh bekas ke dalam sepatu yang bau sehingga dapat menyerap baunya.

Baca juga: Agar Anggrek Tumbuh dan Berbunga, Suburkan Akar dengan Ampas Teh

Namun, selain itu kantong teh juga dapat berguna untuk menghilangkan minyak pada piring yang kotor.

Kantong teh bekas juga dapat membersihkan bekas bahan makanan yang lengket seperti oatmel yang sulit dibersihkan. Caranya masukkan kantong teh ke dalam wadah yang lengket dengan air panas kemudian rendam sebentar.

1. Membersihkan kotoran pada peralatan stainless steel

Teh akan membantu melonggarakan kotoran yang mengeras, sehingga Anda dapat membersihkan kotorannya tanpa harus menggosok dan menggunakan sabun cuci piring yang berlebih.

Kantong teh juga bisa membersihkan kotoran di wajan atau wadah bermaterial perak atau stainless steel.

Baca juga: Cara Mudah Bersihkan Noda Teh dan Kopi pada Cangkir

Caranya tekan perlahan satu kantong teh ke peralatan stainless steel yang kotor kemudian gosok kantong teh tersebut ke bagian wadah yang bernoda. Setelahnya seka dengan bersih menggunakan air mengalir.

Namun, yang harus diperhatikan adalah hindari menekan kantong teh terlalu keras, karena akan menyebabkan kebocoran kantong teh.

2. Membersihkan karpet

Anda dapat menggunakan daun dari kantong teh untuk membersihkan karpet. Caranya, biarkan kantong teh mengering, lalu buang daunnya. Kemudian, campurkan daun ke dalam segenggam besar baking soda, lalu taburkan campuran tersebut di atas noda kotor atau bau di karpet.

Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu vakum area tersebut secara menyeluruh. Teh dan soda kue akan bekerja sama untuk menjebak kotoran dan menyerap bau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com